Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Pemimpin Nasional Harus Miliki Komitmen Terhadap Keamanan Negara

Rabu 16 Apr 2014 16:21 WIB

Red: Heri Ruslan

Gita Wirjawan

Gita Wirjawan

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Barisan Indonesia Gita Wirjawan mengapresiasi eksistensi dan prestasi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI yang hari ini genap berusia 62 tahun.

"Selamat HUT Kopassus. Saya bangga dengan capaian-capaian membanggakan dari Korps Baret Merah ini," ujar Gita Wirjawan dalam siaran pers yang diterima ROL, Rabu (16/4).

Dengan keberadaan Kopassus, mantan Menteri Perdagangan ini menilai, rakyat sangat percaya diri bersaing dengan pasukan-pasukan elite di dunia karena kemampuan pasukan elite TNI Angkatan Darat itu yang disegani.

"Siapapun pemimpin nasional besok, harus memiliki komitmen yang jelas terhadap sektor keamanan negara," tegasnya. Gita mengingatkan, dukungan anggaran yang memadai terhadap pengadaan alutsista dan kesejahteraan TNI merupakan kunci komitmen pemerintah tersebut.

"Alokasi APBN untuk sektor pertahanan dan keamanan masih di bawah 1 persen. Padahal idealnya 2-3 persen. Peningkatan anggaran TNI nanti harus berbanding lurus dengan konsistensi reformasi TNI sehingga kita punya tentara yang solid, militan dan profesional," tuturnya.

Kopassus lebih mengedepankan kegiatan bakti sosial dibandingkan acara seremonial dalam memperingati HUT ke-62 ini. Acara sosial dipilih sebagai bentuk evaluasi terhadap apa yang sedang terjadi di masyarakat Indonesia saat ini.

"Kopassus adalah aset negara, Kopassus milik rakyat, Kopassus adalah senjata negara. Mari kita sama-sama pelihara dengan cara latihan dan terus latihan untuk meningkatkan kualitas agar semua profesional," kata Danjen Kopassus Mayjen  TNI Agus Sutomo di Markas Komando Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA