Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Ini Tiga Tahap NASA Mendarat di Mars

Ahad 18 Oct 2015 05:12 WIB

Rep: c25/ Red: Taufik Rachman

Mars

Mars

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- NASA mengumumkan tiga tahap dalam rencana mereka untuk mendarat di Mars. Pendaratan itu akan membayar rasa penasaran para ilmuwan selama bertahun-tahun tentang Planet Merah.

Dilansir dari ZMEScience, pada Ahad (18/10), tahap pertama disebut Earth Reliant yang akan melakukan penelitian di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Penelitian bertujuan melihat reaksi tubuh manusia apabila menghabiskan waktu yang lama dalam sebuah ruang.

Jarak mars yang berada lebih jauh dari bulan mengharuskan penelitian atas reaksi tubuh manusia, sebelum mengirim orang ke sana. Berdasarkan teknologi saat ini, butuh 150 hari untuk bisa sampai ke mars.

Tahap kedua disebut Proving Ground, di mana NASA akan belajar melakukan operasi kompleks di luar angkasa, yang memungkinkan kru untuk kembali ke bumi dalam hitungan hari.

Tahap itu akan memastikan ruang stasiun, roket dan juga astronot, akan semandiri mungkin, sambil memastikan perjalanan akan aman dan bisa segera kembali bila diperlukan.

Tahap ketiga disebut Earth Independen, yang akan mencakup misi berawak ke permukaan mars, dan memastikan kualitas serta keamanan dari percobaan langsung di permukaan mars.

Meski tetap akan ada penyempurnaan, NASA terlihat yakin akan percobaan mereka kali ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA