Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Kurir Bersepeda Layani Sudirman Thamrin Jakarta

Senin 25 Apr 2016 12:33 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

sepeda

sepeda

Foto: ebicycles.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan jasa pengiriman barang, TNT, meluncurkan kurir bersepeda untuk melayani konsumen yang berada di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan Thamrin Jakarta.

"Tahap awal ada lima kurir bersepeda yang akan melayani konsumen, khususnya perkantoran yang berada di Jalan Sudirman hingga Thamrin," kata Managing Director TNT Indonesia Tomy Sofhian, Senin (25/4).

Namun Tomy membantah bahwa peluncuran kurir bersepeda itu terkait dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan melarang sepeda motor masuk Jalan Sudirman-Thamrin. Dia mengatakan penggunaan sepeda sebagai moda transportasi baru untuk mengantar barang lebih karena alasan untuk memanfaatkan armada yang ramah lingkungan dan dapat bergerak lebih cepat untuk menembus kemacetan Jakarta.

"Kurir bersepeda itu hanya untuk melayani dokumen perkantoran yang beratnya tidak lebih dari tiga kilogram," kata Tomy.

Pada tahap awal, Tomy mengatakan, pihaknya menyediakan lima kurir bersepeda dan akan melihat perkembangan pasar terkait penguatan armada tersebut dan juga akan dilanjutkan kota besar lainnya, seperti Surabaya. Dalam tahap uji coba yang akan dilasanakan per Selasa (26/4), TNT akan uji coba layanan di wilayah SCBD Senayan, Senopati dan Walter Monginsidi Jakarta Selatan.

TNT bicycle project telah banyak digunakan di negara-negara Eropa seperti Itali, Benelux, Inggris dan Belanda. Operation Director TNT Indonesia, Barry Lim menegaskan bahwa kualitas layanan TNT akan tetap optimal seperti biasa, bahkan penggunaan sepeda akan mempercepat proses pengiriman, mengingat tingkat kemacetan pada jam tertentu di empat area uji coba tersebut relatif tinggi.

Menurut dia, dengan menggunakan sepeda, kurir bisa bergerak dengan lebih cepat dan lebih leluasa, bahkan parkir lebih cepat karena hampir setiap gedung menyediakan tempat khusus.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA