Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Kemensos Buatkan Hunian Tetap untuk Gelandangan dan Pengemis

Kamis 16 Jun 2016 09:24 WIB

Red: Esthi Maharani

 Petugas Satpol PP merazia sejumlah gelandangan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (10/7).  ( Republika/ Yasin Habibi)

Petugas Satpol PP merazia sejumlah gelandangan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (10/7). ( Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan Kementerian Sosial menyiapkan hunian tetap bagi gelandang dan pengemis (gepeng). Hal ini sebagai bentuk penanganan jangka panjang terhadap mereka.

"Kemsos pada posisi menyiapkan hunian tetap. Jadi kita tidak sekedar hit and run saja, merazia mereka, tapi kita kembalikan ke daerah asal dan di sana kita buat hunian tetap," kata Mensos, Kamis (16/6).

Dia mengatakan, penanganan gepeng tersebut direalisasikan lewat program Desaku Menanti. Pemerintah daerah menyediakan lahan dan Kemsos yang menyediakan hunian tetap termasuk fasilitas umum dan sosial sesuai dengan indeks yang ada. Beberapa daerah yang sudah menerapkan program tersebut yaitu Kota Malang, Yogyakarta, Pasuruan dan Padang.

"Mereka diberi pelatihan keterampilan bahkan sudah punya produk dan dikenalkan ke pasar, jadi harapannya mereka tidak kembali lagi ke jalan," kata Mensos.

Menurut dia, gepeng perlu ditangani secara permanen dan butuh kerja sama dengan pemerintah daerah asal. Harapannya, mereka tidak lagi pergi ke kota-kota besar untuk mengemis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA