Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Arti Merdeka untuk Ahok

Rabu 17 Aug 2016 21:55 WIB

Red: Citra Listya Rini

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Foto: Foto : Mgrol_76

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan makna kemerdekaan adalah bebas menyuarakan kebenaran yang didasari fakta.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Basuki terkait Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia (RI) 17 Agustus di Jakarta, Rabu (17/8).

"Makna kemerdekaan itu adalah semua orang bebas menyuarakan kebenaran. Merasa aman ketika menyuarakan kebenaran sehingga keadilan pun bisa diwujudkan," kata Basuki.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, meskipun bersifat bebas, namun seluruh informasi yang disampaikan harus terbukti benar dan sesuai dengan fakta-fakta yang ada.

"Sekali lagi saya sampaikan, bagi saya, kemerdekaan yang hakiki mempunyai arti bahwa manusia bisa dengan merdeka menyuarakan kebenaran tanpa ada ancaman dari pihak manapun," ujar Ahok.

Karena itu, mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan seharusnya negara dapat menjamin kebebasan seluruh rakyatnya untuk bersuara atau menyampaikan pendapat, namun harus berdasarkan fakta.

"Memang seharusnya negara menjamin kebebasan bagi semua warganya untuk bersuara, yang penting informasi yang disuarakannya itu benar, bisa dibuktikan dengan fakta-fakta," ujar Ahok.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA