Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Kemensos Resmikan E Warong Jakarta Pusat

Kamis 18 Aug 2016 21:49 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) beserta instansi terkait meluncurkan Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (e-Warong KUBE PKH) yang berlokasi di Taman Main Anak RT 17/RW 04 Kelurahan Kampung Rawa Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat, Kamis (18/8). E- Warong ini merupakan yang ketujuh di Indonesia.

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan e-Warong KUBE PKH bertujuan mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Keberadaan e-Warong KUBE PKH diharapkan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan seperti beras, tepung, minyak goreng, gula, bawang, daging sapi, LPG 3 kg, dan pupuk bersubsidi, dengan harga yang lebih murah dari di pasaran," katanya Khofifah saat peluncuran.

Khofifah memperinci  tujuan pembentukan e-Warong KUBE PKH yakni menyediakan tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha peserta PKH, menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi anggota KUBE dan peserta PKH, menyediakan transaksi keuangan secara non tunai/elektronik baik untuk pencairan bantuan sosial maupun pembayaran lainnya, serta menyediakan instrumen/sistem penyaluran bantuan sosial tanpa penyelewengan didukung dengan layanan pembayaran secara nontunai.

Dalam penyediaan bahan pokok, e-Warong KUBE PKH bekerja sama dengan Perum Bulog, sedangkan sistem penyaluran bantuan sosial bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yang terdiri dari BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara.

"Keluarga miskin yang menerima bantuan PKH bisa langsung menggunakan Kartu Combo HIMBARA untuk berbelanja kebutuhan hidup di e-Warong KUBE PKH yang didirikan para penerima PKH. Dengan adanya simbiosis ini maka para penerima bansos PKH juga bisa mendapatkan manfaat, selain bisa belanja juga bisa mendapatkan sisa hasil usaha e-Warong KUBE PKH," lanjut Khofifah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA