Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Sumarsono: Jakarta Sangat Open Government

Kamis 30 Mar 2017 15:11 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Angga Indrawan

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono menyusur Kali Ciliwung memperingati Hari Air Dunia XXV pada Kamis (30/3).

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono menyusur Kali Ciliwung memperingati Hari Air Dunia XXV pada Kamis (30/3).

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsep open government belakang telah menjadi konsep yang ramai diperbincangkan karena Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI nomor urut 3, Anies - Sandi sempat memaparkan konsep itu dalam programnya. Menanggapi konsep open government, Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono anggap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkannya. 

Menurut Sumarsono, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menerapkan open government sebagai bagian dari good governance. Poin-poin yang diterapkan salah satunya adalah keterbukaan. Salah satu diantaranya transparansi disamping akuntabilitas dan partisipasi," kata dia di Pintu Air Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (30/3).

Ia menjelaskan, segala yang berkaitan dengan Jakarta sangat mudah diakses. Akses pada pemerintah pun sangatlah terbuka. "Rapat bisa diakses melalui Youtube, untuk pengaduan Qlue juga bisa diakses," ujarnya.  

Bahkan, menurut Sumarsono, Jakarta merupakan salah satu wilayah dengan pemerintahan paling terbuka. Mengenai konsep partisipasi dan kolaborasi, ia mencontohkan bagaimana warga boleh mengontrol kebijakan pemerintah. 

"RT dan RW dilibatkan, pengajuan diterima, tiap pagi orang datang ke saya dan saya menjawab," ucap Sumarsono. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA