Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Perayaan HUT Ke-72 RI Dilakukan Sebulan Penuh

Ahad 30 Jul 2017 16:48 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Joko Sadewo

Kemeriahan perayaan kemerdekaan RI (ilustrasi)

Kemeriahan perayaan kemerdekaan RI (ilustrasi)

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2017 ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh. Hal ini untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menghidupkan kembali rasa nasionalisme.

"Nanti selama bulan kemerdekaan kita akan merangkai banyak sekali kegiatan tidak hanya di Jakarta, tetapi juga seluruh wilayah di Indonesia," ujar Pratikno.

Rangkaian acara akan dimulai dengan pembukaan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan yang bertajuk "Senandung Ibu Pertiwi" di Galeri Nasion pada 1 Agustus 2017. Kemudian malam harinya sekitar pukul 19.30 akan digelar Zikir Kebangsaan yang mengangkat tema 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta.

"Jadi zikir itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren, yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan," kata Pratikno.

Acara dilanjutkan dengan Pentas seni di Museum Fatahillah dan Kota Tua. Pentas seni ini akan digelar pada 5, 12, 19, dan 26 Agustus 2017. Acara serupa ditambah dengan lomba antarkomunitas diCar Free DayJalan Sudirman, Jakarta. Acara ini juga akan dilakukan di kota besar lain di Indonesia.

Peringatan Hari kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 juga menjadi bagian dari bulan Kemerdekaan. Acara kali ini mengusung tema 'Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan' yang akan dilaksanakan diCenter Point ofIndonesia, Makassar, Sulawesi Selatan pada 10 Agustus 2017.

Momen Kemerdekaan juga digunakan sebagaikick offPembinaan Ideologi Pancasila di Istana Bogor pada 11 Agustus 2017. Acara ini merupakan inisiatif dari Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

"Ini akan menginisiasi program-program selanjutnya, termasuk di dalamnya yang juga diselenggarakan oleh UKPPIP, adalah juga bagaimana kita mengapresiasi terhadap WNI yang sangat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, kontribusinya besar, memberikan inspirasi bagi banyak pihak, termasuk terutama generasi muda," ujar Pratikno.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Renovasi Air Mancur Monas pada 14 Agustus 2017. Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Cibubur juga dilaksanakan pada 14 Agustus 2017. Kemudian ada 3 acara beruntun digelar pada 15 Agustus 2017.

Kegiatan tersebut dimulai dengan Hari Belanja Diskon Indonesia atau Happy Birthday Indonesia (HBD Indonesia) di Gambir Expo-JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Lalu ada Penganugerahan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan di Istana Negara. Terakhir, Pengukuhan Paskibraka Indonesia di Istana Negara.

"Di tengah bulan Agustus seperti biasa ada beberapa sidang yaitu sidang tahunan di depan MPR RI kemudian pidato kenegaraan Presiden di DPR dan DPD dan tentu saja juga seperti tahun yang lalu ada pidato RAPBN tahun 2018 dan nota keuangan yang diselenggarakan oleh presiden," kata Pratikno.

Puncak perayaan tentu pada Upacara Pengibaran Bendera Pusaka di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus, dan akan dikemas dengan khidmat. Tema besar kemerdekaan tahun ini yakni 'Ayo Kerja Bersama', yakni kerja sama untuk berbagai hal, untuk kebaikan bangsa.

"Kita akan kemas dengan nuansa bukan hanya khidmat, tapi juga gembira. Itu kita tuangkan untuk mengekspresikan kekayaan budaya kita," ujar Pratikno.

Kemudian pada 18 Agustus 2017 diselenggarakan Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV. Lalu ada ramah tamah dengan Paskibraka dan Teladan Nasional.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA