Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

PWI Kota Bandung Gelar Simulasi UKW

Selasa 05 Dec 2017 13:01 WIB

Red: Sandy Ferdiana

PWI

PWI

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Kota Bandung akan menggelar sosialisasi dan simulasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Regata Hotel, Jalan Setiabudhi No 35, Bandung, Rabu (6/12). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan wartawan dalam menghadapi UKW pada April 2018.

Hingga Selasa (5/12), lebih dari 100 wartawan mendaftar menjadi peserta simulasi ke Sekretariat PWI Kota Bandung. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut, ‘Mempersiapkan Wartawan Profesional Sesuai Standar Kompetensi’.

Ketua Panitia simulasi UKW Rian Andrian mengungkapkan, kegiatan sosialisasi dan simulasi UKW bertujuan untuk membantu wartawan dalam menghadapi UKW tahun depan. Pesertanya, imbuh dia, berasal dari wartawan media cetak, TV, radio dan media online di Provinsi Jabar.

‘’Selam ini mereka yang liputannya di Kejaksaan, Pengadilan, Kehakiman, Kepolisian, Gedung Sate, dan BUMN yang ada di Bandung,’’ ungkap Rian, Selasa (5/12). Menurut dia, kegiatan tersebut akan dilengkapi dengan sosialisasi UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik.

Pemateri yang akan hadir dalam kegiatan tersebut, sebut dia, yakni Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun. Sementara pembimbing kegiatan sosialisasi dan simulasi, imbuh dia, berasal dari pengurus PWI Provinsi Jabar.
Ketua PWI Kota Bandung Hardiansyah menambahkan, UKW merupakan ajang uji kompetansi yang profesional.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan matang.
Melalui UKW, lanjut dia, profesionalisme wartawan akan lebih teruji. ‘’Yang terpenting, para wartawan harus tersertifikasi,’’ ujar Andi, panggilan akrab Hardiansyah.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA