Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Lomba Menulis, Membuat Poster & Video Pendek Republika.co.id

Selasa 31 Jul 2018 16:45 WIB

Red: Budi Raharjo

Lomba Menulis, Poster Digital, dan Video Pendek dalam rangka HUT RI dan ulang tahun Republika.co.id.

Lomba Menulis, Poster Digital, dan Video Pendek dalam rangka HUT RI dan ulang tahun Republika.co.id.

Foto: Republika.co.id
Pengiriman karya lomba ditunggu hingga 20 Agustus 2018 untuk semua kategori

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut ulang tahun Republik Indonesia dan Republika.co.id pada Agustus mendatang, Republika.co.id menggelar berbagai lomba dengan tema lingkungan. Ada lomba menulis, membuat poster digital, dan membuat video pendek (VLOG).

Tema besarnya: Care Energy, Care Nation, Be Green. Republika.co.id mengajak segenap masyarakat untuk lebih peduli lingkungan, menyayangi energi, dan menjaga keseimbangan alam dari hal-hal yang paling kecil di sekitar kita.

Kepala Republika.co.id Elba Damhuri mengatakan Republika.co.id mengundang para pelajar dari berbagai tingkatan (SD dan madrasah, SMP dan tsanawiyah, SMA dan aliyah), mahasiswa, dan umum untuk membuat karya tulis, poster digital, atau video terkait tema itu. Para santri di pesantren-pesantren di seluruh Indonesia juga bisa ikut lomba-lomba ini.

Konten lomba bisa diambil dari hal-hal paling kecil yang terjadi setiap hari di lingkungan kita seperti hemat air, hemat listrik, hemat BBM, hemat energi, menggunakan energi alternatif, memilih sepeda, berjalan kaki, membuang sampah pada tempatnya, peduli keran air, menanam pohon, hingga menjaga kebersihan.

Elba mengatakan dunia terus menua dan sumber energi primer semakin menipis. Kerusakan lingkungan pun tidak terhindarkan akibat perubahan iklim dan eksploitasi tanpa batas. Energi menjadi mahal dan langka.

Dunia harus berderap bersama untuk menjaga lingkungan tetap bagus dan kehidupan terus berjalan dengan baik. Peduli energi berarti peduli bangsa, berarti peduli kehidupan untuk anak cucu ke depannya.

Indonesia termasuk negara yang memiliki persoalan serius atas energi mulai dari migas hingga listrik yang perlu kampanye besar untuk mengurangi berbagai dampak buruknya. Tindakan nyata juga diperlukan untuk membantu pemerintah dan pelaku energi untuk menyelamatkan dunia dari krisis energi.

Kesadaran Peduli Energi, Peduli Bangsa, dan Ramah Lingkungan harus ditanamkan kepada generasi milenial, baik dari kalangan anak-anak SMA maupun mahasiswa. Mereka harus mampu menumbuhkan kesadaran Peduli Energi, Peduli Bangsa, dan kemudian menjadi duta-duta di masyarakat untuk menyebarkan kabar gembira ini.

Ketua Panitia Lomba Care Energy, Care Nation, Be Green, Budi Raharjo menyebut ada puluhan juta rupiah hadiah yang disediakan bagi para pemenang. Panitia memberikan hadiah besar untuk setiap kategorinya, baik tingkat pelajar, mahasiswa, maupun umum. "Lomba ini pun gratis," ujarnya.

Untuk informasi lebih lengkap tentang lomba ini, bisa membuka alamat ini: https://republika.co.id/page/lomba/hut-rol atau situs republika.co.id. Pengiriman karya lomba ditunggu hingga 20 Agustus 2018 pukul 23.59 WIB untuk semua kategori.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA