Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Lebih dari 50 Persen Masyarakat Indonesia Gunakan Internet

Selasa 11 Sep 2018 14:09 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda

Keluarga bermain internet (ilustrasi)

Keluarga bermain internet (ilustrasi)

Foto: IST
Sekitar 143 juta masyarakat telah menggunakan internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rosarita Niken Widiastuti, mengungkapkan pengguna internet di Indonesia lebih dari 50 persen. Angka tersebut berarti sekitar 143 juta masyarakat telah menggunakan internet.

Sementara itu, sebanyak 68 persen dari total pengguna internet adalah anak-anak dan remaja. "Dan 68 persen adalah anak-anak zaman now, di mana hasil penelitian menunjukan bahwa anak-anak hanya bisa tahan tujuh menit tidak memegang HP," kata dia, dikutip dari laman resmi Kemenkominfo, Sabtu (8/9) lalu.

Terkait hal tersebut, ia mendoronh semua elemen bangsa Indinesia untuk mewujudkan komunikasi yang sehat terutama di media sosial. Pengguna internet saat ini sangat aktif dan dominan berbagi informasi.

"Tsunami informasi melanda masyarakat Indonesia. Berdasarkan penelitian, 3,3 juta informasi masuk lewat Twitter, informasi lewat WA sekitar Rp 20-an juta, ini harus disikapi dengan cerdas dan bijak, apalagi hasil penelitian masyarakat Indonesia paling cerewet menggunakan media sosial," kata Niken menjelaskan.

Bahkan menurut Niken, akhir-akhir ini media sosial telah dipergunakan untuk hal-hal yang negatif, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, teror, dan banyak informasi yang fidak sesauai dengan kenyataannya. Oleh karena itu, Niken mengajak semua pihak untuk meningkatkan literasi informasi.

"Jangan cepat percaya terhadap informasi di media sosial. Literasi media sangat penting untuk memfilter berbagai bentuk informasi, apalagi informasi yang sumbernya tidak jelas, informasi yang judul dan isi tidak singkron, huruf yang di-bold atau cetak miring, itu adalah ciri-ciri hoaks, sebaiknya langsung dihapus,” kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA