Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Hadiri Ideafest, Jokowi Berbelanja Produk Lokal

Jumat 26 Oct 2018 14:48 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam pembukaan Ideafest di  JCC, Jakarta, Jumat (26/10).

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan sambutan dalam pembukaan Ideafest di JCC, Jakarta, Jumat (26/10).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pemerintah berperan penting untuk mendorong pengembangan inovasi anak muda Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Idea Fest tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (26/10). Jokowi yang gemar membeli produk bermerek lokal itupun menyempatkan diri melihat produk-produk dalam negeri yang dipamerkan dalam acara ini.

Saat melihat berbagai macam produk lokal, Jokowi pun tertarik untuk membeli sebuah jaket bermerek AME Raincoat berwarna coklat. Menurut dia, produk lokal yang ia beli tersebut memiliki kualitas yang baik yang dapat dikenakan baik ketika musim hujan atau kemarau.

"Ya, spontan lah, spontan-spontan saja. Rp 499.000, AME Raincoat," kata Jokowi.

Menurutnya, ia tertarik untuk membeli jaket tersebut lantaran sepatu yang ia kenakan juga merupakan produk lokal. Jokowi pun memberi saran agar produk lokal yang sedang dikembangkan oleh generasi muda memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, ia juga mengingatkan agar pengemasan produk juga harus dilakukan dengan baik.

photo
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Pendiri Ideafesr Ben Subiakto (kedua kiri), Komite Ideafest, Andy F Noya, dalam pembukaan Ideafest di JCC, Jakarta, Jumat (26/10).

"Packing yang baik, yang saya lihat, tren selalu diikuti, ini yang saya senang. Sehingga kualitas yang baik, harga yang baik, competitve price, kemudian kualitas, kemudian apa tadi packing juga baik, tren selalu mengikuti pasar, anak muda mesti seperti itu," jelas dia.

Lebih lanjut, ia menilai pemerintah juga berperan penting untuk mendorong pengembangan inovasi anak muda Indonesia. Selain kolaborasi antara pelaku bisnis dengan industri, kebijakan pemerintah pun juga harus sejalan. Karena itu, lanjut dia, pemerintah juga perlu mengkonsolidasikan sektor moneter dan sektor industri.

"Ini harus kolaborasi, harus kolaborasi antara creator, innovator, pelaku-pelaku bisnis, yang inline satu garis, dengan industri dengan investor, dengan lembaga keuangan plus kebijakan-kebijakan pemerintah harus satu," kata Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA