Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Menkominfo Ajak Generasi Muda Lawan Hoaks

Senin 29 Oct 2018 01:40 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Endro Yuwanto

 Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Generasi muda bisa memberi penjelasan kepada pihak yang mudah termakan isu hoaks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap generasi muda menjadi garda terdepan dalam memerangi informasi bohong atau hoaks. Menurutnya, generasi muda atau milineal dianggap sebagai generasi yang tidak menyukai berita hoaks.

Hal itu disampaikan Rudiantara dalam acara MilenialFest berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ahad (28/10).

"Ini mumpung Hari Sumpah Pemuda. Anak-anak Indonesia ini saya berharap jadi garda terdepan untuk memerangi hoaks. Saya diberitahu menurut penelitian dan report dari mana, justru yang milenial itu nggak suka hoaks," ujar Rudiantara.

Menurut Rudiantara, justru generasi yang lebih tua yang termakan dengan isu hoaks. Karena itu, pekerjaan rumah saat ini adalah bagaimana mendorong generasi muda mendorong generasi lebih tua untuk bisa menyaring informasi-informasi hoaks.

"Justru yang suka hoaks itu yang rada toku (tua) yah. Rada-rada toku-lah itu, ya menurut saya karena yang milenials ini nggak suka hoaks, nah bagimana cara mendorong yang toku-toku ini agar tidak bermain hoaks," kata Rudiantara.

Generasi muda, lanjut Rudiantara, bisa memberi penjelasan kepada pihak yang mudah termakan isu hoaks untuk mengecek kebenaran suatu informasi. Sebab, tidak jarang juga, meskipun bukan pencipta hoaks, masyarakat awam ikut menyebarkan informasi hoaks ke masyarakat lain.

"Nah caranya, saya selalu bicara kita itu harus tabayyun. Jangan main sebar sembarangan kalau informasinya tidak benar, kita kirim. Kita itu ikut fitnah. Ya menyebar fitnah. Itu dosa," kata Rudiantara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA