Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Panglima TNI Sebut Renstra Kedua Sudah Sesuai Harapan

Rabu 28 Nov 2018 18:45 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil

Prajurit TNI melaksanakan Latihan Bantuan Tembakan Terpadu 2018 di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (28/11).

Prajurit TNI melaksanakan Latihan Bantuan Tembakan Terpadu 2018 di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (28/11).

Foto: dok. Puspen TNI
Hadi ikut memantau ketepatan alutsista.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menyebutkan, pengadaan persenjataan pada rencana strategis (renstra) kedua 2015-2019 sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Menurut perhitungan akademis, kata dia, tembakan-tembakan yang dilepaskan oleh alat utama sistem persenjataan (alutsista) sudah masuk ke target yang telah ditentukan.

"Pengadaan persenjataan di renstra kedua 2015-2019 kita uji semuanya, sudah sesuai dengan yang kita inginkan," ujar Hadi di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (28/11).

Hal itu ia katakan seusai melakukan pengujian alutsista melalui Latihan Tembak Bantuan Terpadu TNI 2018 yang dilakukan oleh 1.427 prajurit dari seluruh matra TNI. Pada kegiatan tersebut, Hadi turut memantau bagaimana presisi dan ketepatan alustista yang ada dalam melakukan penembakan.

Pada kesempatan itu, helikopter MI-35 melakukan penembakan beberapa kali dengan roket maupun peluru. Kemudian penembakan menggunakan astros artileri medan 1/2 K juga dilakukan. Semua tembakan menggunakan astros itu Hadi sebut dapat diukur walaupun ada satu-dua tembakan yang tak sampai ke sasaran.

"Namun menurut perhitungan secara akademis, semuanya bisa masuk ke target sesuai dengan yang kita inginkan," jelasnya.

Ia pun meminta kemampuan yang telah dimiliki oleh prajurit-prajuritnya terus dirawat dan ditingkatkan lebih lagi. Meski menurutnya sejauh ini sudah bagus, Hadi meminta seluruh prajuritnya jangan cepat puas dan hal-hal yang masih dianggap kurang haruslah dievaluasi.

"Kita terus mengisi karena di renstra ketiga nanti juga akan juga ada peralatan-peralatan baru dengan kita mereferensi pada kegiatan latihan hari ini. Sehingga alat yang baru nanti kita juga tidak akan ketinggalan," tuturnya.

Hadi mengaku masih melihat adanya kekurangan dan memiliki beberapa catatan. Kekurangan dan catatan-catatan itulah yang menurutnya harus diperbaiki ke depannya. Ia pun mengutarakan rasa bangga terhadap seluruh prajuritnya.

"Yang jelas saya bangga dengan prajurit saya. Prajurit Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan ulUdara telah menunjukkan profesionalisme TNI semuanya hanya untuk rakyat," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA