Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Ukhuwah Islamiyah Memelihara Eksistensi NKRI

Jumat 30 Nov 2018 01:09 WIB

Red: Hazliansyah

Diskusi Publik bertajuk

Diskusi Publik bertajuk "Kita Jaga Ukuwah Islamiyah dan Mendukung Program Pemerintah Berkelanjutan"

Foto: ist
Islam harus mewarnai dinamika politik nasional

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemuda dan mahasiswa dinilai perlu menyamakan pandangan dan gerak langkah dalam menghadapi masa depan. Terutama di tahun politik saat ini.

"Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kemarin dapat memberikan suri tauladan sekaligus inspirasi umat Islam untuk memelihara eksitensi negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Sulaiman Badran, perwakilan Kemenag dalam Diskusi Publik bertajuk "Kita Jaga Ukuwah Islamiyah dan Mendukung Program Pemerintah Berkelanjutan" di Gedung MCC Universitas Malahayati, Bandar Lampung, kemarin.

Ia mengatakan, berbagai informasi bertebaran di media sosial yang isinya positif dan negatif. Untuk itu perlu tabayun dalam mencermati dinamikanya, agar tidak terjadi benturan antar anak bangsa yang berakibat konflik.

Sementara Yudi Yusnandi, akademisi dari UIN Lampung, menyampaikan bahwa dinamika politik nasional dari masa ke masa telah dilalui bangsa Indonesia. Namun demikian NKRI tetap tegak berdiri karena pemerintahannya berkomitmen untuk tetap menjadikan Pancasila sebagai falsafah bangsa.

"Islam harus mewarnai dinamika politik nasional. Masyrakat saat ini kurang peduli dengan  track record kandidat caleg maupun capres, hal ini terjadi krn pengaruh framing media massa," kata dia.

Oleh karena itu pemuda harus semangat dalam berkarya memajukan bangsa dan negara Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA