Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Nilai Bantuan Keluarga Harapan akan Dinaikkan Dua Kali Lipat

Senin 03 Des 2018 18:45 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini

Warga menunjukan kartu Program Keluarga Harapan (PHK) pada acara peluncuran Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai PKH tahun 2016 di Jakarta, Kamis (17/11).

Warga menunjukan kartu Program Keluarga Harapan (PHK) pada acara peluncuran Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai PKH tahun 2016 di Jakarta, Kamis (17/11).

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pencairan bantuan PKH juga akan dipercepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menaikkan nilai bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) hingga dua kali lipat pada tahun depan. Saat ini, setiap keluarga penerima program mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.890.000.

"Sekarang satu tahun Rp 1.890.000, tahun depan insyaallah akan dua kali lipat," ujar Jokowi saat Sosialisasi Bansos PKH 2019 di Gelanggang Remaja, Jakarta, Senin (3/12).

Kendati demikian, Jokowi tak menyebutkan secara rinci berapa nilai kenaikan untuk program bantuan tersebut. Ia menyebut, hingga kini pemerintah masih mengkalkulasikan jumlah kenaikan bantuan PKH.

Tak hanya itu, pencairan dana bantuan PKH pada 2019 nanti juga akan dipercepat menjadi Januari, April, Juli, dan Oktober.

"Mensos sudah menyampaikan bahwa pengambilannya akan dimajukan, biasanya Februari, tahun depan di bulan Januari. Jadi maju. Januari, April, Juli, Oktober," jelas dia.

Selain itu, kata dia, jumlah keluarga penerima bantuan PKH juga akan bertambah dari enam juta keluarga pada tahun ini menjadi 10 juta keluarga pada tahun depan. Jokowi menilai, penyaluran dana bantuan PKH saat ini sudah tepat sasaran kepada keluarga yang membutuhkan. Presiden pun berharap kenaikan dana bantuan PKH dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kepada keluarga penerima bantuan, Jokowi mengingatkan agar dana bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan sesuai kebutuhan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA