Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Terjadi Pembakaran Surat Suara di Gunungkidul

Rabu 17 Apr 2019 23:51 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Surat Suara (Ilustrasi)

Surat Suara (Ilustrasi)

Foto: ANTARA/ADENG BUSTOMI
Bawaslu DIY menemukan pembakaran surat suara di Gunung Kidul

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menemukan adanya pembakaran surat suara yang terjadi di Gunungkidul, DIY. Pembakaran diketahui terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09, Jaranmati, Karangmujo, Gunungkidul. 

Baca Juga

Untuk motif pelaku membakar surat suara pun masih belum diketahui. Saat pembakaran dilakukan, pelaku langsung diamankan pihak kepolisian.

"(Pelaku) Langsung diamankan. Sehingga dari kami tidak sempat menanyakan motifnya," kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY, Sri Rahayu Werdiningsih di Media Center Bawaslu DIY, Rabu (17/4). 

Ia mengatakan, pembakaran yang dilakukan terhadap surat suara untuk DPR RI. Pelaku pembakaran yakni atas nama Mahardika Wirabuana Krisna Murti. 

"Setelah mendapatkan surat suara, Krisna menuju bilik suara. Di dalam bilik, Krisna membakar surat suara DPR RI," kata Sri. 

Sementara itu, pelaku juga merusak surat suara dengan merobek surat suara untuk DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Dari lima jenis surat suara, hanya untuk DPD RI yang tidak dirusak oleh pelaku karena langsung diamankan oleh kepolisian. 

"Yang DPD (RI) masih utuh," lanjutnya. 

Barang bukti berupa surat suara yang dibakar pun telah diamankan. Walaupun begitu, setelah diamankan proses pencoblosan pun tetap berjalan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA