Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Peminat Mudik Motor Gratis dengan Kapal Diprediksi Bertambah

Sabtu 20 Apr 2019 17:19 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Pendaftaran motor mudik gratis lebaran 2019. (ilustrasi)

Pendaftaran motor mudik gratis lebaran 2019. (ilustrasi)

Foto: Republika/Agata Eta Andayani
Kemenhub menyediakan kuota mudik ini sebanyak empat ribu sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih membuka pendaftaran mudik motor gratis dengan angkutan kapal untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2018. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko memprediksi peminat mudik motor gratis dengan kapal masih terus bertambah.

Baca Juga

"Sejak pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dimulai pada 8 April 2019, minat masyarakat untuk ikut serta program mudik gratis dengan kapal cukup tinggi," kata Wisnu dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (20/4).

Untuk itu, Wisnu optimistis tingkat keterisian untuk mudik motor gratis dengan kapal khususnya arus mudik akan terus bertambah. Peminat mudik motor gratis dengan kapal menurutnya akan terus bertambah hingga berakhirnya waktu pendaftaran mudik gratis dengan sepeda motor pada 30 Mei 2019.

Wisnu mengharapkan program tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas jalur darat saam musim mudik nanti. "Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini diharapkan dapat mengurangi beban penggunaan jalan raya yang sudah padat selama mudik Lebaran," jelas Wisnu.

Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis dengan kapal tahun ini adalah sebanyak empat ribu sepeda motor dan delapan ribu orang penumpang. Kuota tersebut terdiri dari dua ribu sepeda motor dan empat ribu orang penumpang untuk arus mudik dan dua ribu sepeda motor dan empat ribu orang penumpang untuk arus balik.

Wisnu memastikan dari semua jumlah yang sudah mendaftar mudik motor gratis menggunakan kapal saat ini sudah terisi 59 persen. "Angka ini bisa dikatakan sebanyak 2.922 orang dari target kuota yang disediakan," ujar Wisnu.

Bagi masyarakat yang masih ingin mendaftar mudik motor gratis 2019menggunakan kapal dapat melakukan secara online di laman resmi mudikgratis.dephub.go.id. Rute yang disediakan yakni Jakarta-Semarang dan Semarang-Jakarta. Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub juga menyiapkan nomor hotline service mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dengan nomor 0822 9905 2018 dan 0819 799 2019.

Jadwal keberangkatan angkutan laut mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Emas Semarang pada 30 Mei dan 1 Juni 2019. Sedangkan untuk jadwal arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang-Tanjung Priok Jakarta mulai 8 dan 10 Juni 2019.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA