Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Pemerintah Siapkan Skema Jalan Tol Satu Arah Hingga Brebes

Kamis 09 May 2019 18:14 WIB

Red: Nur Aini

Kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (9/5/2019).

Kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (9/5/2019).

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Skema jalan tol satu arah hingga Brebes untuk antisipasi kemacetan mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan guna mengantisipasi kemacetan kendaraan di jalan tol pada saat mudik Lebaran 2019, pemerintah mempersiapkan skema jalan tol satu arah hingga ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Kalau dulu itu mulai dari Cawang sampai Cipali, membuat orang Bekasi susah kalau ke Jakarta. Dan sekarang itu, kita mulai dari KM 29 sampai KM 262 nanti ke Brebes itu satu arah. Mereka satu arah ke arah timur," kata Budi usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis sore (9/5).

Baca Juga

Sementara bagi warga yang hendak menuju Jakarta atau dari arah barat menuju timur Pulau Jawa dapat melalui jalur Pantura menuju Jakarta. Dengan demikian, utilisasi jalur Pantura pun dapat dilakukan sesuai arahan Presiden Jokowi.

Menhub menjelaskan terdapat satu opsi lain untuk melancarkan lalu lintas mudik Lebaran 2019 yakni memberlakukan prosedur nomor polisi ganjil genap. Namun pemerintah cenderung untuk menggunakan sistem satu arah.

Ketersambungan jalan tol secara penuh mulai dari DKI Jakarta hingga ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur diperkirakan mendorong masyarakat menggunakan kendaraan darat saat Mudik 2019. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan pemudik Lebaran 2019 diprediksi meningkat 30 hingga 40 persen dibandingkan Lebaran 2018.

Sebanyak lebih dari satu juta kendaraan diprediksi bergerak keluar dari Tol Cikarang Utama serta tol lainnya saat mudik Lebaran 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA