Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Jokowi Balas Cicitan Ucapan Selamat Pemimpin Dunia

Kamis 23 May 2019 13:50 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Presiden Joko Widodo usai menerima Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri dan Wakil Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19).

Presiden Joko Widodo usai menerima Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri dan Wakil Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo membalas ucapan selamat dari para pemimpin dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah kepala negara/pemerintahan sahabat menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia. Berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangi 85.607.362 juta suara atau 55,50 persen dari total suara nasional, sedangkan penantang mereka, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 juta suara atau 44,50 persen dari total suara nasional.

Baca Juga

Ada kepala negara/pemerintahan yang mengucapkan melalui surat resmi, ada pula yang melalui media negara serta melalui media sosial seperti Twitter. Perdana Menteri Australia ScottMorrison mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui akun resmi Twitter @ScottMorrisonMP yang diakses di Jakarta, Rabu, menyatakan, bahwa Indonesia adalah salah satu mitra strategis bagi Australia.

"Kami berharap dapat memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia untuk kepentingan bersama," tulis dia.

Jokowi melalui akun resminya membalas Morrison dengan haraoan lebih memperdalam hubungan kemitraan di antara kedua negara. "Terima kasih PM @ScottMorrisonMP dan salam hangat dari kami semua si Indonesia. Australia menjadi sekutu besar kami, dan kami berharap dapat terus memperdalam hubungan dan kemitraan strategis kedua negara di mana mendatang," balas Jokowi.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga turut mengucapakan atas terpilihnya Jokowi sebagai Presiden melalui akun resmi Twitter @chedetofficial, Rabu (22/5) pukul 14.33.

"Saya ucap tahniah kepada Bapak @jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," tulis Mahatir.

Menanggapi ucapan sahabatnya, akun resmi Twitter Jokowi mengatakan, Indonesia dan Malaysia akan tetap bersaudara sampai kapan pun. "Terima kasih Dr M @chedetofficial. Indonesia dan Malaysia adalah dua bangsa serumpun. Sampai kapan pun tetap bersaudara dan bekerja sama dengan erat," balas Jokowi.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang diprediksi juga memenangkan pemilu India juga mengucapkan kesuksesan Jokowi yang terpilih kembali sebagai presiden RI. Dalam akun resmi Twitternya @narendramodi, ia membanggakan kelancaran demokrasi pada pemilu di Indonesia. Dia pun berharap Jokowi sebagai presiden dan rakyat Indonesia sukses di bawah kepemimpinan dinamis Jokowi.

 

"Saat negara kita menandai tujuh dekade hubungan diplomatik, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk semakin memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif bilateran antara India dan Indonesia," tambah ucapan Modi.

Pesta demokrasi di Indonesia usai. Dengan jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 sebesar 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebesar 154.257.601 suara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA