Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

'Jangan Sampai JKN-KIS Terhenti'

Rabu 12 Jun 2019 21:00 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

  'Jangan Sampai JKN-KIS Terhenti'

'Jangan Sampai JKN-KIS Terhenti'

Setiap bulan harus kontrol ke dokter spesialis dan mengambil obat-obatan.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Rudy Kurnia (68) adalah mantan seorang pelaut. Sejak muda,  ia habiskan banyak waktu di laut, menjadi seorang nahkoda kapal kargo curah berkeliling ke beberapa negara bahkan benua. Tubuh sehat dan stamina yang selalu fit, adalah kebutuhan utama dan sebuah tuntutan baginya. Udara yang bersih dan pola hidup yang terjaga, menjadi santapannya selama bertugas. Hingga sampai ia pensiun, Rudy tidak pernah mengalami sakit apapun.

Rudy kerap bersepeda untuk mengisi waktu pensiunnya, bahkan ia dapat melakukan olahraga tersebut sampai lima jam tak henti. Tanpa Rudy sadari, bertambah usia cukup mempengaruhi staminanya. Sekitar enam bulan yang lalu, Rudy mengalami serangan jantung saat tengah menjalani olahraga. ''Sekitar enam bulan lalu saat saya sedang bersepeda, tiba-tiba dada terasa sesak sekali. Saya tidak menyangka kalau itu serangan jantung. Merasakan jantung saya berdegup kencang saat olahraga, rasanya senang sekali. Terlalu over melakukan olahraga, ternyata sangat berbahaya,'' tandas Rudy dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (12/6).

Beruntung, saat itu Rudy dapat terselamatkan. Namun dampak dari serangan jantung tersebut mengharuskan ia menjalani kontrol rutin setiap bulan. Selama menjalani pengobatan, Rudy merasa terbantu karena telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. ''Setiap bulan harus kontrol ke dokter spesialis dan mengambil obat-obatan di apotek yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk obat penyakit jantung, tentunya cukup mahal. Namun dengan kepesertaan saya sebagai peserta JKN-KIS, saya tidak perlu merogoh kocek untuk menebus obat-obatannya. Cukup membawa surat kontrol, sudah dapat dilayani,'' ungkap Rudy.

Saat ditanya, bagaimana tanggapannya terhadap Program JKN-KIS yang saat ini sudah memasuki tahun keenam, Rudy menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasihnya. Menurut Rudy, dengan adanya program tersebut, banyak sekali masyarakat yang sudah tertolong. ''Saya harap, program ini selalu berkelanjutan. Program bagus seperti ini jangan sampai terhenti. Tidak hanya saya yang tertolong, tentunya masih banyak masyarakat diluar sana yang juga telah merasakan manfaat JKN-KIS. Bahkan ada yang sakitnya sudah parah,'' katanya. (ril)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA