Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tanaman di Monas Rusak, Warga Perlu Segera Direvolusi Mental

Kamis 23 Oct 2014 12:19 WIB

Rep: c 07/ Red: Indah Wulandari

Pesta rakyat setelah pelantikan Jokowi-JK menyisakan sampah di sepanjang jalan protokol Jakarta.

Pesta rakyat setelah pelantikan Jokowi-JK menyisakan sampah di sepanjang jalan protokol Jakarta.

Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BALAIKOTA--Rumput dan pepohonan di kawasan Taman Monumen Nasional (Monas) rusak akibat ulah ribuan pengunjung yang menghadiri Pesta Rakyat, Senin (20/10) lalu.

“Masyarakat memang harus revolusi mental agar bisa lebih mencintai negaranya,” ujar anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Johny Simanjuntak, Kamis (23/10).

Salah satu cara merevolusinya dengan lebih menjaga kondisi keindahan taman kota, walaupun sedang merayakan hajat bersama rakyat.

Kemudian, lanjut Johny, bila warga tertangkap tangan merusak fasilitas umum harus diberi sanksi yang membuatnya jera. Sayangnya, ia melihat saat ini pemerintah masih memberikan toleransi perilaku di sebuah keramaian seperti Pesta Rakyat kemarin.

Pembuatan perda tentang aturan perawatan kota menurutnya bisa menjadi salah satu jalan keluar. Mekanismenya, lanjut Johny, dengan cara memberikan pidana atau ganti rugi kepada pihak yang merusak taman kota.

“Ganti ruginya bisa melalui lembaga atau per orangan, kita juga bisa belajar dari Hongkong, yang memberikan denda bila rumput taman kotanya rusak karena terinjak,” jelas Johny.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA