Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Ini Strategi Jokowi untuk Perkenalkan Kabinetnya Sebelum Pengumuman

Sabtu 25 Okt 2014 01:01 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan

  Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam.   (Republika/Yasin Habibi)

Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto memastikan pengumuman kabinet Jokowi-JK akan dilakukan pada Ahad (26/10). Pengumuman kabinet, kata dia, akan dilakukan di Istana Kepresidenan.

"Perkenalan kabinet akan diselenggarakan Ahad pukul 16.00 WIB di halaman Istana," ujarnya di Istana Negara, Jumat (24/10).

Menurut Andi, pengumuman kabinet tidak diumumkan pada malam ini karena Presiden Jokowi masih harus mempelajari berkas akhir yang diserahkan KPK terkait empat nama calon menteri yang diajukan.

Pada Ahad nanti, lanjut Andi, Presiden Jokowi akan mengumpulkan para menteri terpilih dalam suasana yang santai, sambil minum teh sore bersama. "Perkenalannya lebih informal supaya membuat suasana cair di antara 34 menterinya," kata dia.

Barulah acara pelantikan menteri secara formal akan dilakukan pada Senin (27/10) sekitar pukul 11.00 WIB. Pelantikan menteri akan dilakukan di halaman Istana Negara.

Sebelumnya, sinyal bahwa kabinet akan diumumkan pada Jumat malam menguat. Andi mengatakan, KPK dan PPATK telah menyerahkan surat hasil verifikasi empat nama calon menteri ke Jokowi-JK. Selain itu, DPR juga telah selesai membahas surat Jokowi terkait perubahan nomenklatur kementerian. Namun, hingga pukul 23.50 WIB tak ada tanda-tanda akan digelar acara penting di Istana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA