Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Jokowi Diminta Akomodasi Keterwakilan Daerah

Sabtu 25 Okt 2014 18:29 WIB

Red: Taufik Rachman

Presiden terpilih Jokowi bersama istrinya, Iriana Widodo.

Presiden terpilih Jokowi bersama istrinya, Iriana Widodo.

Foto: dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA---Dalam penyusunan kabinet, Presiden Joko Widodo diharapkan bisa mengakomodir keterwakilan daerah.

Dalam rilis Koordinator Pusat Forum Peduli Borneo, Gusti Nurpansyah, Sabtu mengatakan, penyusunan kabinet yang berasal dari profesional murni dan partai politik cukup penting.

"Namun Presiden dan Wakil Presiden seharusnya juga memperhatikan keterwakilan wilayah. Apalagi dalam beberapa kali penyusunan kabinet, keterwakilan wilayah selalu tergambar dalam penyusunan kabinet.

"Keterwakilan wilayah sangat penting untuk pertimbangan geo politik, historis, dan sosiologis. Indonesia sangat luas sehingga representasi wilayah harus diakomodir," ujar Gusti Nurpansyah.

Gusti juga mengungkapkan, salah satu wilayah yang layak mendapat posisi menteri adalah Kalimantan Selatan.

Menurutnya, potensi sumber daya manusia di Kalsel, cukup mumpuni untuk menjadi menteri. "Putra daerah yang mumpuni di Kalsel cukup banyak, jadi tinggal dipilih," ujarnya.

Ketua Kerukunan Warga Kalimantan Selatan, Yakob menyatakan, keinginan masyarakat Kalsel agar putra daerahnya terpilih jadi menteri begitu kuat. Mereka bahkan telah mengirim surat ke presiden untuk persoalan tersebut.

"Kami meminta Presiden Jokowi menempatkan wakil dari Kalsel dalam kabinet," kata Yakob.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA