Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

PKS Konsolidasi Persiapkan Pilkada Sumut

Rabu 10 Dec 2014 20:11 WIB

Red: Erdy Nasrul

PKS

PKS

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Utara menyiapkan sejumlah kadernya sebagai kandidat dalam pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung di 14 kabupaten/kota pada tahun 2015.

Sekretaris DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut Satrya Yudha Wibowo di Medan, Rabu, mengatakan proses penyiapan kader sebagai kandidat dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tersebut sudah berjalan. Namun proses tersebut masih membahas kriteria kandidat, bukan mengenai nama-nama kader yang diusung. "Nama belum ada, tetapi menyiapkan kriteria terlebih dulu," katanya.

Sebagai parpol, kata dia, PKS berupaya realistis dalam mengajukan kandidat sehingga hanya fokus pada daerah yang dianggap memiliki peluang. Penilaian terhadap peluang tersebut didasarkan pada yang keberadaan kursi legislatif yang dimiliki PKS melalui Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014.

Ia mencontohkan Kota Medan (lima kursi) Kota Binjai (tiga kursi), Kota Tebing Tinggi (dua kursi), Kabupaten Asahan (tiga kursi), dan Kabupaten Serdang Bedagai (tiga kursi). "Jadi, kita sudah mempunyak 'modal' untuk maju dalam pilkada," katanya.

Selain kemampuan kader, faktor lain yang menjadi acuan dalam pengajuan sebagai kandidat dalam pilkada adalah ketokohan kader di daerah yang akan menyelenggarakan pilkada. Demikian juga aspek penerimaan secara internal yang ditentukan melalui mekanisme Pemilu Raya (Pemira) guna menentukan sosok yang layak untuk dicalonkan.

Meski mendapatkan gambaran mengenai kader yang akan dicalonkan, PKS Sumut belum dapat mengumumkannya sambil mempelajari aturan pilkada yang akan diterapkan. "Kita akan mempelajari dulu kepastian aturan pelaksanaan. Jadi, jangan terlalu cepat (diumumkan), nanti 'masuk angin'," ujar Satrya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA