Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Ulil 'Ajari' Ustaz Yusuf Mansur, Islam Bolehkan Ucapkan Selamat Natal

Kamis 11 Dec 2014 13:39 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Kicauan Ulil soal ucapan selamat Natal ke Ustaz Yusuf Mansur.

Kicauan Ulil soal ucapan selamat Natal ke Ustaz Yusuf Mansur.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla, mengomentari kicauan Ustaz Yusuf Mansur. Dalam pendapatnya, Ustaz Yusuf Mansur mengajak kaum Muslim untuk tidak memberi ucapan selamat Natal.

Mengetahui hal itu, Ulil sepertinya tergelitik untuk ikut berkomentar. Bahkan, Ulil seolah sedang 'mengajari' Ustaz Yusuf Mansur bahwa tidak ada larangan dalam Alquran dan hadis bagi umat Islam untuk mengucapkan Natal. "Baru nyetatus, nanggepin Ustaz Yusuf Mansur. Waddaya think, guys? :)," katanya melalui akun Twitter, @ulil.

Peraih gelar doktor Universitas Harvard tersebut menjelaskan, Islam adalah agama salam yang berarti damai. "Sudah selayaknya umat Islam menyelamati umat agama lain. Selamat berasal dari bahasa Arab: damai. :)" katanya.

Ulil melanjutkan, mengucapkan selamat Natal bukan berarti menyetujui doktrin agama Kristen. "Sama dengan umat Kristen yang mengucapkan selamat Idul Fitri bukan berarti langsung mengakui doktrin tauhid ala Islam," ujar Ulil.

Menurut Ulil, tak ada paksaan untuk mengucapkan selamat Natal atau Idul Fitri. "Yang mau monggo, yang nggak juga ndak apa-apa. Tapi kalau mengharamkan, keliru." "Kalau umat lain mau mengucapkan selamat kepada umat Islam saat Hari Raya Islam, ya tentu baiknya umat Islam membalas kebaikan itu."

 

Info seputar sepak bola silakan klik di sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA