Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Masyarakat Diminta Waspadai Puncak Musim Hujan

Senin 26 Jan 2015 21:18 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

  Genangan air setinggi 20 cm mengakibatkan kemacetan di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Jumat (5/12). (foto: mgROL28)

Genangan air setinggi 20 cm mengakibatkan kemacetan di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Jumat (5/12). (foto: mgROL28)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat, khususnya yang tinggal di Jakarta untuk mewaspadai hujan ">puncak musim hujan akhir Januari hingga pertengahan Februari 2015.

"Intensitas hujan di wilayah Jakarta akan terus meningkat sesuai polanya, yaitu pada akhir Januari hingga pertengahan Februari," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (26/1).

Dia mengatakan, meskipun BMKG menyatakan bahwa hujan pada Januari 2015 ini lebih kecil dibandingkan Januari 2014, namun potensi hujan berintensitas besar akan tetap ada. "Kondisi demikian perlu tetap diwaspadai, sebagai langkah antisipasi dan bagian dari mitigasi bencana," katanya.

Pemerintah, kata dia, tidak dapat memprediksi apakah banjir tahun ini akan lebih besar daripada tahun 2013 dan 2014.

"Tidak dapat diprediksi, karena tergantung banyak hal, mulai dari intensitas hujan, durasi dan distribusi hujannya, namun pengalaman menunjukkan bahwa banjir besar biasanya terjadi akhir Januari hingga pertengahan Februari," katanya.

Dengan demikian, kata dia, semua masyarakat harus ikut waspada. "Masyarakat di wilayah rawan banjir, contohnya bisa mengamankan barang-barang, siapkan segala sesuatunya seperti makanan siap makan, dan lainnya yang bisa dibawa atau digunakan saat banjir," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA