Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Tahun Baru Imlek

Imlek tanpa Pengemis, Pengunjung Petak Sembilan Justru Bertanya-tanya

Kamis 19 Feb 2015 14:04 WIB

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri

Pengemis di Petak Sembilan

Pengemis di Petak Sembilan

Foto: ROL/Santi Sopia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan fakir miskin atau pengemis telah memadati kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat sejak Selasa (17/2).

Kepala Satuan (Kasat) Sabhara Polisi Resor Jakarta Barat IP Sumada mengatakan, pihaknya mengamankan sekumpulan pengemis tersebut di lokasi tertentu.

"Kalau pengemisnya kita usir, pengunjung justru bertanya-tanya, malah aneh Imlek tanpa pengemis menurut mereka," ujar IP Sumada kepada Republika Online di Vihara Dharma Bakti di Petak Sembilan, Jakarta Barat.

Menurut Sumada, sejauh ini para pengemis yang diperkirakan berjumlah ratusan itu tidak mengganggu jalannya perayaan Imlek. Para pengemis tersebut hanya musiman, artinya datang sekitar dua hari sebelum perayaan Imlek.

"Tidak hanya dari Jakarta, dari luar pun banyak karena mereka itu musiman, tidak akan seperti ini kalau bukan Imlek. Ramai sekitar tiga atau empat hari," lanjut dia.

Sumada menambahkan, pengunjung yang datang ke Vihara di kawasan itu tidak hanya berniat melakukan ritual ibadah atau perayaan Imlek. Melainkan sedekah dalam istilah kaum mereka, termasuk tradisi dalam perayaan Imlek.

"Memang dalam istilah mereka perayaan Imlek itu diartikan tidak hanya ibadah, berdoa, tetapi memberi sebagian rezeki istilahnya, terutama pada fakir miskin," terang dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA