Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Mendagri Paparkan Tiga Isu Desa di Hadapan DPD

Rabu 01 Apr 2015 13:38 WIB

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Indah Wulandari

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tiga isu strategis tentang desa dibahas dalam rapat dengar pendapat Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Rabu (1/4).
Tiga isu tersebut berkaitan dengan keuangan desa, kapasitas desa, dan pendampingan dan pelatihan aparatur desa.

Menurut Tjahjo, tiga isu ini dikembangkan agar program pemerintah pusat secara teknis bisa diimplementasikan di tingkat desa.

"Rencana pelatihan aparatur desa sudah dicanangkan pada tahap master trainee, aparat kecamatan, dan aparat desa. Ada pemekalan mengenai bagaimana kepala desa bisa menggunakan laporan keuangan desa yang sederhana supaya lebih sederhana tapi sesuai dengan aspek hukum," katanya.

Dalam forum ini, Tjahjo juga sempat membahas soal otonomi khusus (otsus) plus Papua dan Papua Barat. Tjahjo mengungkapkan belum ada kesepakatan penetapan otsus plus bagi Papua dan Papua Barat.

Namun, Tjahjo sepakat jika kedua wilayah timur Indonesia tersebut mendapat kewenangan lebih dalam pembiayaan dan regulasi.

"Prinsipnya belum ada kata sepakat otonomi khusus plus antara gubernur dan pemangku kepentingan disana. Namun, sepakat dengan Kemendagri ada peningkatan kewenangan, pembiayaan, dan regulasi beberapa kepentingan yang diinginkan oleh masyarakat Papua," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA