Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Hutan Riau Terkikis 1,7 Hektare Dalam Dua Tahun

Senin 15 Jun 2015 23:00 WIB

Rep: Sonia Fitri/ Red: Ani Nursalikah

Kebakaran hutan Riau

Kebakaran hutan Riau

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Kemal Hamas menyebut luas kawasan hutan di riau pada 2012 terdata seluas 7,1 juta hektare (ha).

Namun, luasan tersebut menurun dua tahun kemudian, yakni 5,4 ha di 2014.

"Itu berarti selama dua tahun hutan di Riau terkikis hingga 1,7 ha," kata Kemal dalam Lokakarya Penanganan Tindakan Kejahatan Kehutanan yang diselenggarakan oleh KLHK pada Senin (15/6).

Deforestasi tersebut tak boleh dibiarkan dari tahun ke tahun dan butuh penindakan hukum tegas terhadap para perusak lingkungan hutan.

Riau menjadi sasaran eksploitasi di bidang sumber daya hutan sebab letaknya strategis, berada di kawasan Singapura, Johor dan Riau (Sijori) sehingga menjadi perlintasan yang baik dalam alur distribusi hasil alam. Riau juga merupakan tempat potensi migas, memiliki kontur alam datar sehingga menarik pengusaha tanam investasi untuk eksploitasi.

Modus perusakan lingkungan di Riau, lanjut dia, di antaranya terdapat cukong yang memberikan uang muka kepada masyarakat lokal untuk menebang kayu di dalam kawasan yang dilindungi, atau menggunakan modus kebakaran yang direkayasa.

"Ini adalah cara paling mudah dan murah untuk pembukaan lahan atau pembuatan kebun," ujarnya.

Maka sebagai pelaksana lapangan, ia berharap pemerintah dalam merespons penegakan hukum kejahatan lingkungan jangan terlalu terganggu dengan pelaksana kejahatan di lapangan. Ia memang perlu ditindak, tapi yang mesti difokuskan sebenarnya yakni penindakan terhadap dalang kejahatan lingkungan yang melibatkan korporasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA