Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

36 Orang Tewas dalam Serangan Bom di Mesir

Rabu 01 Jul 2015 21:24 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Bom mobil yang menewaskan jaksa terkemuka Mesir, Hisham Barakat, Senin (29/6).

Bom mobil yang menewaskan jaksa terkemuka Mesir, Hisham Barakat, Senin (29/6).

Foto: reuters

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Serangan bom kembali menghantam Semenanjung Sinai, bagian timur Mesir, menewaskan sedikitnya 36 orang dan melukai 42 orang, kata Kementerian Kesehatan Mesir, Rabu (1/7).

Serangan terjadi di beberapa pos pemeriksaan di kota Sheikh Zuweid, Sinai Utara, yang dilancarkan oleh gerilyawan garis keras yang oleh Kementerian Kesehatan disebut teroris. Terdapat lima pos pemeriksaan diserang oleh kelompok pria bersenjata, katanya.

Aksi kekerasan ini terjadi dua hari setelah serangan bom mobil di Kairo yang menewaskan Jaksa Agung Hisham Barakat pada Senin (29/6).

Kantor berita Mesir, MENA dari Sinai melaporkan, sebagian besar korban adalah aparat keamanan dari kepolisian dan tentara, beberapa di antaranya pelaku serangan juga tewas.

Disebutkan, pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache segera melancarkan serangan terhadap beberapa titik yang diduga tempat persembunyian gerilyawan.

Para pengamat menilai,ancaman serangan bom yang ditargetkan kepada aparat keamanan dan pejabat pemerintahan akan terus terjadi, menyusul seruan dari kelompok garis keras yang menamakan diri Mujahiddin untuk melawan pemerintah.

Seruan tersebut dikumandangkan belakangan ini sebagai tanggapan atas pengukuhan hukuman mati terhadap sejumlah pemimpin puncak Ikhwanul Muslimin, termasuk presiden terguling Mohamed Moursi.

Presiden Abdel Fatah Al Sisi bersumpah akan mengambil tindakan tegas untuk menangkap pelaku untuk diadili dan berikrar terus melancarkan operasi penumpasan teroris.

Sekikitnya 218 anggota Ikhwanul Muslimin dilaporkan telah ditangkap dalam dua hari terakhir semenjak serangan bom yang menewaskan Jaksa Agung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA