Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Sudah 12 Pelajar Terinfeksi HIV di Kota Ini

Ahad 05 Jul 2015 18:27 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Positif mengidap HIV (ilustrasi)

Positif mengidap HIV (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  KARAWANG -- ‪Yayasan Kita-kita (Yakiki) Kabupaten Karawang, Jabar, melansir kasus infeksi menular seksual (IMS) di wilayah ini cukup tinggi. Rata-rata, per bulannya yang menderita penyakit IMS mencapai 90 orang. Penderitanya itu, merupakan ibu-ibu rumah tangga usia produktif.

Direktur Yakiki Karawang, Iwan Somantri Amintapradja, mengatakan, tingginya kasus IMS ini tak lepas dari peran para wanita pekerja seks komersial (PSK) di wilayah ini. Jumlah PSK berdasarkan data yang ada, menyapai 3.000 orang. Dampak dari kehadiran mereka, yaitu banyak ibu-ibu rumah tangga yang terjangkit IMS.

Tingginya kasus IMS ini, lanjut dia, disebabkan mayoritas laki-laki di wilayah ini senang berhubungan badan dengan PSK. Sehingga, ketika laki-laki itu tertular penyakit, maka penyakitnya akan ditularkan juga kepada isterinya.

Sementara itu, Staf Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Awan Gunawan, mengatakan, sampai saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di wilayah ini mencapai 473 orang. Mereka, dari berbagai kalangan usia dan profesi. Bahkan, ada dari pelajar serta mahasiswa.

"Pelajar yang sudah positif terinfeksi HIV/AIDS menyapai 12 orang, serta satu mahasiswa," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA