Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Disnakersos Depok Gelar Pelatihan Bagi Penyandang ODHA

Kamis 06 Aug 2015 18:06 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu

Statistik HIV AIDS di Indonesia

Statistik HIV AIDS di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar pelatihan kewirausahaan dan pemberdayaan daur ulang atau komputer di SMK Baskara, Kamis (6/8). Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung dari 6 hingga 18 Agustus 2015.

Kegiatan yang dikhususkan untuk penderita Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap penderita yang selama ini dikucilkan oleh masyarakat. Meski secara garis besar mereka hanyalah korban dari penyakit tersebut.

Pelatihan ini diharapkan mampu membentuk keahlian peserta untuk mengimplementasikannya di kehidupan masing-masing. "Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan penyandang ODHA, sehingga hidupnya bisa mandiri tanpa tergantung dengan orang lain, walaupun dengan penyakit yang kita ketahui belum ada obatnya," ujar Kepala Disnakersos Pemkot Depok, Diah Sa’adiah di SMK Baskara, Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (6/8).

Pelatihan yang diikuti 60 peserta ini dibagi menjadi dua kategori. Yakni pelatihan daur ulang membuat tas dari bahan bekas dan pelatihan komputer dengan membuat website. Semua bahan maupun fasilitas disediakan Disnakersos secara cuma-cuma. Peserta hanya diwajibkan untuk datang secara continue agar tidak ketinggalan materi.

Ke depan, Diah akan menggandeng beberapa pihak untuk bekerja sama dalam memfasilitasi peserta pelatihan agar dapat menyalurkan keahliannya di sebuah perusahaan. "Kita berharap peserta mandiri dengan membuka lapangan pekerjaan, namun Disnakersos juga ingin mempermudah peserta pelatihan dengan membuka jaringan," Diah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA