Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Syukuri Kemerdekaan, PSI Luncurkan Gerakan #MERDEKA100Persen

Ahad 16 Aug 2015 20:51 WIB

Red: Heri Ruslan

Ketua Umum PSI, Grace Natalie.

Ketua Umum PSI, Grace Natalie.

Foto: dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam cara dilakukan untuk mensyukuri Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuat sebuah gerakan edukasi politik bertajuk #Merdeka100Persen - Merayakan 70 tahun Indonesia Merdeka dalam Keragaman.

"#MERDEKA100Persen adalah sebuah gerakan edukasi yang meletakkan kembali dasar-dasar lahirnya sebuah entitas bangsa bernama Republik Indonesia," ujar Ketua Umum DPP PSI, Grace Natalie dalam siaran persnya, Ahad (16/8).

Menurut dia, Republik Indonesia merupakan negara berdaulat yang dibangun diatas sebuah fondasi kebangsaan bernama Pancasila. Grace menegaskan, Indonesia adalah negara yang lahir dari warna-warni Bhineka Tunggal Ika yang dijahit dan direkatkan oleh semangat solidaritas bernama gotong royong.

"PSI memberikan makna baru, bahwa #MERDEKA100Persen hanya bisa diwujudkan dengan kekuatan solidaritas di atas keragaman unsur," ungkap Grace. Menurut dia, setiap warga negara dan pemerintah  harus menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Gerakan #Merdeka100Persen, kata Grace, ditandai dengan diluncurkannya sederet kreativitas karya anak muda Indonesia. "Sebuah persembahan dari PSI untuk Indonesia," cetusnya.

Menurut Grace, kreativitas anak bangsa itu antara lain: Koran Solidaritas edisi II dengan Judul: Merdeka dalam Keragaman, album The Sounds of Solidarity berisikan 7 lagu bertemakan Solidaritas. Album ini melibatkan banyak musisi. Diantaranya: Diana Geovanie, Andre Hehanussa, Adi Adrian (KLA Project) dan Citra Scholastika.

Selain itu, kata dia, ada juga video klip Indonesiasku dan Persada Biru menambah kekuatan lirik dan musik dari Diana Geovanie. Suara Citra Scholastika di lagu Persada Biru tentu menampilkan cita rasa musikal yang sangat Indonesia.

PSI juga meluncurkan video 70 tahun Indonesia Merdeka dalam Keragaman berisi makna dan harapan anak muda Indonesia tentang kemerdekaan serta pernyataan dari DPP PSI dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka.

"Kami juga meluncurkan "#Merdeka100Persen Menurut Kamu!", sebuah gerakan digital di twitter untuk mengajak anak-anak muda Indonesia memberi makna pada tahun ke-70 Kemerdekaan Indonesia," tutur Grace.

Selain itu, PSI juga mengkampanyekan berbagai materi edukasi kreatif berupa poster, foto, meme dan karya lainnya melalui Gerakan #Merdeka100Persen di media sosial. .
Grace berharap masyarakat Indonesia mendukung gerakan ini.

"Setelah berkomunikasi dengan beberapa pihak semoga gerakan ini bisa menjadi trending topic nasional besok bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70," ucap Grace.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA