Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Buku Wajib Ahok Kala Debat dengan JJ Rizal (5-habis)

Senin 24 Aug 2015 15:13 WIB

Rep: Ratna Ajeng T/ Red: Erik Purnama Putra

Sejarawan JJ Rizal.

Sejarawan JJ Rizal.

Foto: Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan jj rizal meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok untuk menambah pengetahuannya soal sejarawan, Senin (24/8). Hal itu sebagai respon statemen Ahok yang menyatakan, JJ Rizal mesti belajar banyak buku lagi, setelah mengomentari Pluit, Jakarta Utara sebagai kawasan resapan air.

JJ Rizal mengunggah foto buku-buku yang harus dibaca Ahok karena mengejeknya sebagai seorang sejarawan yang tidak pantas bicara banjir."Sejarawan bisa pula bicara soal hubungan ilmu pengetahuan dan kekuasaan pak @basuki_btp #bacabukunya ini deh," kicaunya dalam akun Twitter, @JJRizal.

Buku Belenggu Ilmuwan dan Pengetahuan Dari Hindia Belanda Sampai Orde Baru ditulis oleh Andrew Goss. Buku ini adalah terjemahan dari sejarawan asal Amerika Serikat.

Rizal mengunggah dua buku yang membahas etnis Tionghoa. Ong Hok Ham seorang sejarawan keturunan Tionghoa yang menulis dua buku soal etnisnya sendiri.

Anti Cina, Kapitalisme Cina dan Gerakan Cina, Sejarah Etnis Cina di Indonesia dan Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa awalnya adalah sebuah artikel. Kemudian dua judul tersebut diterbitkan dalam sebuah buku.

Sejarawan juga bisa membahas soal laut. Orang Laut Bajak Laut Raja Laut Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX ditulis Adrian B Lapian, sejarawan Universitas Indonesia. Buku tersebut merupakan hasil disertasinya yang dibukukan.

Bahkan madat candu pun dibahas sejarawanJames R Rush. Buku terakhir yang disarankan Rizal untuk dibaca Ahok Candu Tempo Doeloe Pemerintah Pengedar dan Pecandu (1860-1910).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA