Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Surono: Pemerintah Belum Berhasil Manfaatkan Keunikan Gunung Berapi

Selasa 08 Sep 2015 00:53 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Surono

Surono

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Ahli Vulkanologi, Surono mengatakan Indonesia memiliki sekitar 127 gunung merapi. Namun, dari gunung-gunung yang ada, pemerintah Indonesia belum berhasil memanfaatkan keunikan tersebut. Bahkan, guide-guide bagi turis yang memiliki minat khusus kepada gunung belum diberikan pembekalan dengan baik.

“Indonesia memiliki banyak gunung merapi sebanyak 127 gunung. Namun boleh dikatakan belum berhasil memanfaatkan keunikan daripada bentang alam di Indonesa,” ujarnya kepada wartawan di Kota Mataram, Senin (7/9).

Tidak hanya itu, ia menuturkan, gunung merapi memiliki keindahan dan mampu menyuburkan daerah disekitarnya. Sehingga, memiliki daya tarik bagi wisatawan. Bahkan, hampir gunung api yang aktif memiliki produk unggulan.

“Misal Merapi punya Salak Pondoh, jeruk Medan dari Sinabung dan Tembakau yang dihasilkan dari Rinjani dan Tambora. Namun orang-orang belum melihat itu hanya melihat faktor subur saja,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia belum memanfaatkan keberadaan gunung yang ada sebagai ikon. Bahkan, anggapan yang beredar adalah masyarakat yang berada di pegunungan masih tertinggal.

Ia menuturkan, gunung merapi memiliki kesuburan dan mampu menyimpan air. Namun, belum pernah gunung api menjadi ikon modern padahal dulu gunung api ditempatkan sebagai ikon yang dihormati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA