Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Ruangguru.com Bertekad Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Pengajar

Rabu 25 Nov 2015 08:24 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah

ruangguru.com

ruangguru.com

Foto: facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertepatan dengan momentum Hari Guru Nasional, Ruangguru.com, startup teknologi lokal yang berfokus dalam penyediaan layanan pendidikan dan konten belajar yang berkualitas, berupaya terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pengajar di Indonesia. 

Product Manager Ruangguru.com Rosmiyana mengatakan, keinginan tersebut  diwujudkan melalui berbagai inisiatif. Di antaranya berupa program pelatihan maupun program apresiasi yang telah dirancang khusus bagi para pengajar yang tergabung di platform Ruangguru.com

"Sejak rilis pada April 2014, Ruangguru.com telah menjadi wadah bagi lebih dari 22 ribu pengajar privat yang terdiri dari guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama. Selain itu juga kaum profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar dan ingin mencari penghasilan tambahan," katanya, Rabu, (25/11).

 Jenis mata ajar yang ditawarkan di Ruangguru.com sangat beragam. Mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandarisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan masih banyak lagi. 

 Para pengajar di Ruangguru.com juga sudah cukup terkenal karena tingkat kualitasnya. Terbukti dari sebanyak 95 persen pengajar yang bergabung dan mengajar di Ruangguru.com memperoleh rating sangat baik dari para murid.

"Salah satu visi utama kami adalah meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar. Kami meyakini bahwa tanggung jawab mendidik itu bukan hanya ditanggungkan kepada guru di sekolah saja namun siapapun," ujar Rosmiyana.

Rosmiyana mengatakan selama ini pihaknya memfokuskan upaya membuka akses kepada lebih banyak masyarakat umum maupun pendidik profesional agar bisa lebih terlibat aktif dalam mencerdaskan bangsa. Sayangnya, persepsi yang berkembang di masyarakat adalah bahwa kompensasi bagi profesi pengajar relatif tidak semenarik profesi lainnya. 

Menyadari hal tersebut, pihaknya terus berupaya agar memunculkan berbagai mekanisme sumber penghasilan lain yang lebih adil dan juga menarik. "Salah satunya seperti yang dilakukan lewat marketplace guru privat Ruangguru.com," ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA