Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Fadli Zon tak Ingin KPK Disetir Penguasa

Senin 21 Dec 2015 16:53 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan

Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Foto: Antara/Sigid Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan harapannya pada kelima pimpinan baru KPK. Dia mengingatkan agar jangan sampai lembaga tersebut diintervensi oleh kepentingan politis.

"Jangan ada deal-deal politik yang menyebabkan KPK ini menjadi lemah, apalagi kemudian berkurang perannya," kata Fadli usai menyaksikan upacara pengambilan sumpah jabatan pimpinan KPK periode 2015-109 di Istana Negara, Senin (21/12).

Baca juga: Johan Budi Jabarkan Tantangan Pimpinan KPK ke Depan

Dia juga mengingatkan agar KPK tidak disetir oleh pihak-pihak yang berkuasa. Sebab, katanya, seringkali penegakan hukum menjadi tumpul ketika ada pihak yang berkuasa tersangkut kasus. Fadli menegaskan, KPK harus tetap menjadi lembaga penegak hukum yang independen. 

Berbicara terpisah, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyanjung lima pimpinan KPK yang baru. Menurutnya, kelimanya adalah orang-orang pilihan yang berintegritas.

"Saya kira mereka semua memiliki latar belakang yang hebat-hebat. Nah kita berharap agar pimpinan ini sungguh-sungguh mampu memenuhi harapan rakyat yang begitu tinggi," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA