Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Badung Usulkan UMK 2016 Naik 11,25 Persen

Rabu 23 Dec 2015 21:24 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Penentuan upah minimum sebuah daerah sangat bergantung pada beberapa faktor, sesuai kondisi daerah masing-masing.

Penentuan upah minimum sebuah daerah sangat bergantung pada beberapa faktor, sesuai kondisi daerah masing-masing.

Foto: Yasin Habibi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, MANGUPURA, BALI- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengusulkan kepada Gubernur Bali untuk Upah Minimum Kabupaten (UMK) tersebut pada Tahun 2016 naik 11,25 persen atau Rp219.075, sesuai peraturan pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan.

"Kenaikan upah tersebut kami usulkan dari Rp1.905.000 per bulan naik menjadi Rp2.124.075 pada Tahun 2016," kata Kadisosnaker Badung IB Oka Dirga, di Badung, Rabu (23/12).

Usulan kenaikan UMK tersebut merupakan hasil kesepakatan seluruh anggota dewan pengupahan melalui sidang-sidang DPRD beberapa waktu lalu.

Dalam acara pembukaan sosialisasi UMK Badung di Puspem Badung itu juga dihadiri anggota dewan pengupahan Kabupaten Badung dan para peserta pelaku industrial di daerah itu.

Kabid Hubungan Industrial, Kesejahteraan Tenaga Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disosnaker Badung I Gst. Bagus Diana Putra, menambahkan tujuan kegiatan sosialisasi itu untuk menyampaikan informasi terkait besaran upah minimum Pemkab Badung dan tata cara pelaksanaannya.

"Untuk setiap perusahaan di daerah Badung dapat menerapkan upah minimal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Ia menuturkan, sebelum menaikkan UMK itu, pihaknya sudah melakukan survei pasar sebanyak tiga kali dalam sebulan sepanjang 2015, untuk menentukan nilai kebutuhan layak.

Kemudian, Dewan Pengupahan Kabupaten Badung melaksanakan sidang-sidang pembahasan sejak September hingga Nopember 2015 untuk menetapkan besaran upah minimum yang hasilnya dijadikan dasar bahan laporan dan pertimbangan Bupati Badung.

Berdasarkan laporan dan pertimbangan dewan pengupahan, Bupati Badung lalu mengusulkan besaran upah minimum kepada Gubernur Bali untuk dapat ditetapkan dengan peraturan Gubernur.

Dalam kegiatan sosialisasi UMK ini diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari pelaku industrial di Kabupaten Badung. IB Oka Dirga menyampaikan, salah satu tugas penting pemerintah dalam bidang ketenagakerjaan yakni memberikan perlindungan terhadap kesejahteraan tenaga kerja melalui pengupahan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA