Selasa, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Selasa, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Dana Bantuan untuk Petambak Garam Pamekasan Naik Jadi Rp 6 Miliar

Kamis 24 Des 2015 04:50 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pekerja memanen garam di tambak dengan sistem Tekhnologi Ulir Filter (TUF) dan pemasangan Geomembran (LDPE) di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (31/10).

Pekerja memanen garam di tambak dengan sistem Tekhnologi Ulir Filter (TUF) dan pemasangan Geomembran (LDPE) di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (31/10).

Foto: Antara/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Dana bantuan program usaha garam rakyat (Pugar) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk para petambak garam di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur naik dari Rp 3 miliar menjadi Rp 6 miliar pada 2016. Kepala DKP Pamekasan Nurul Widiastutik mengatakan kenaikan dana bantuan untuk program usaha rakyat tahun 2016 ini, sesuai dengan yang tercandum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Nurul menjelaskan, kenaikan dana bantuan untuk program usaha garam rakyat itu, karena semua dana bantuan terserap, dan para petambak garam di Pamekasan mau mengikuti instruksi dinas, yakni memanfaatkan teknologi geomembran. "Memang awalnya banyak yang protes, karena jenis teknologi geomembran ini tergolong baru dan belum dialami para petambak garam di Pamekasan ini," katanya.

Namun, sambung dia, berkat ketekunan tenaga penyuluh dalam melakukan bimbingan dan penyuluhan, para petambak garam akhirnya memahami dan mau mengikuti instruksi dinas agar memanfaatkan teknologi itu. "Dan hasilnya ternyata sangat bagus, yakni produksi garam di Pamekasan ini meningkat drastis," katanya.

Nurul menjelaskan, pada tahun 2014 produksi garam di Pamekasan hanya sekitar 80.000 ton. Namun pada musim produksi garam 2015 setelah sebagian petambak garam menerapkan teknologi geomimbran, produksi garam menjadi 125.000 ton lebih. Menurut Nurul, semula, pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk membantu Pugar Pamekasan.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA