Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Belasan Pendaki yang Tersesat di Gunung Wilis Ditemukan

Ahad 27 Dec 2015 13:45 WIB

Red: M Akbar

Pendaki gunung.ilustrasi

Pendaki gunung.ilustrasi

Foto: antarafoto

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Sejumlah pendaki yang tersesat di Gunung Wilis (2.169 meter di atas permukaan laut) ditemukan, dan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sedang menunggu proses kedatangan para pendaki.

"Mereka sudah berhasil ditemukan dan kami masih menunggu kedatangan setelah evakuasi dari gunung," kata Pelaksana tugas Kepala BPBD Kabupaten Kediri Hariwahyu saat dikonfirmasi, Ahad (27/12).

Ia mengatakan, secara total ada sekitar 24 pendaki yang mengikuti rombongan pendakian ke Gunung Wilis. Mereka mendaki sejak 24 Desember 2015 bersama-sama ke gunung tersebut.

Untuk saat ini, ia mengatakan ada sekitar 17 pendaki yang sekarang sudah berhasil dievakuasi lewat jalur selatan, yaitu Penampean, tepatnya Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Mereka juga akan langsung pulang ke Blitar.

Selain itu, tim masih menunggu sejumlah pendaki yang masih dalam perjalanan. Mereka dikawal oleh tim untuk sampai ke tempat proses evakuasi di dekat wisata air terjun Irenggolo, Kabupaten Kediri.

Ia juga mengatakan, pendaki itu dari beragam latar belakang, ada yang dari pelajar serta dari masyarakat umum. Mereka memanfaatkan waktu libur panjang akhir pekan untuk mendaki gunung.

Sebelumnya, sejumlah pendaki dikabarkan tersesat di kawasan Gunung Wilis. Selain itu, terdapat juga pendaki yang sakit, sehingga kesulitan untuk proses evakuasi. Proses evakuasi membutuhkan waktu, sebab medan di Gunung Wilis terjal.

Gunung Wilis termasuk pegunungan yang sanga luas, menghubungkan sejumlah daerah misalnya Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Untuk pendakian Gunung Wilis dari arah timur dapat dimulai dari Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak gunung ini sudah dibangun memadai melalui Mojo.

Selain pendakian melalui Kecamatan Mojo, menuju ke puncak juga bisa melalui Kecamatan Semen. Jalan alternatif baru yang dibangun oleh pihak pemerintah Kediri sangat memadai, dengan luas jalan yang bisa dilalui oleh dua mobil.

Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA