Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Dipindah, Patung Soekarno-Hatta Tetap Menghadap Timur

Sabtu 09 Jan 2016 20:49 WIB

Rep: c36/ Red: Muhammad Subarkah

Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).

Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Proses pemindahan patung Soekarno-Hatta di dari Jalan P1 area Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dipastikan selesai pada Ahad (10/1). Usai dipindah, posisi patung tetap menghadap
ke arah timur.

Humas PT Angkasa Pura II, Yado Harisamanu, mengatakan pemindahan patung tidak mengubah posisi hadap patung. "Patung tetap menghadap ke arah timur dengan jari telunjuk Soekarno menunjuk arah Jakarta," jelas Yado ketika dikonfirmsi pada Sabtu (9/1).

Sementara itu, Head of Project Management Unit Bandara Soetta, Agung Sedayu, menuturkan patung Soekarno Hatta dipindahkan ke lokasi baru yakni di dekat bundaran sebelum menuju Terminal 3.

"Lokasi yang baru memungkinkan patung Soekarno Hatta untuk terlihat dari segala arah," katanya kepada Republika, Sabtu.

Dia menambahkan, ada satu patung lain yang juga akan ditempatkan di depan Terminal 3. Patung tersebut adalah replika pesawat Seulawah RI 001 yang dahulu merupakan pesawat pertama RI.

"Konsep Bandara Soetta ke depannya adalah art cultural airport. Kami akan menonjolkan sejarah dan juga budaya nusantara di Bandara Soetta," tambah Agung.


Patung Soekarno - Hatta berada di Jalan P1 Bandara Soetta. Patung tersebut diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2007 lalu.

Data yang dihimpun Republika, patung proklamator tinggi total patung Soekarno Hatta mencapai 12,6 meter dari atas tanah. Patung  berdiri di atas landasan batu granit setinggi 4,8 meter. Tinggi kedua patung tanpa landasan tercatat sekitar 7,8 meter.

Patung Soekarno Hatta dibuat oleh pematung asal ITB, Sunaryo. Patung Soekarno ditampilkan berkopiah dengan tangan kanan menunjuk ke depan. Patung Muhammad Hatta tampak menenteng sebuah buku di tangan kirinya. (c36)




BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA