Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Wali Kota Jayapura Ingin Hadirkan Wayang Golek Sunda

Senin 08 Feb 2016 07:23 WIB

Red: Angga Indrawan

Wayang golek.

Wayang golek.

Foto: Antara/Agus Bebeng

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Wali Kota Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM ingin menghadirkan pergelaran wayang golek asal Sunda, Jawa Barat. Golek ingin ditampilkan pada acara puncak perayaan HUT Kota Jayapura, Papua pada 7 Maret 2016.

"Kalau bisa pergelaran wayang golek ikut memeriahkan HUT Kota ini pada 7 Maret nanti," kata Wali Kota BTM di Jayapura, Senin (8/2).

Menurut dia, pagelaran wayang golek semalam suntuk yang diprakarsasi oleh pengurus Sunda Ngumbara Papua pada Sabtu (6/2) hingga Ahad (7/2) di halaman PTC Entrop, Kota Jayapura, merupakan salah satu pertunjukan budaya bangsa yang dimiliki orang Sunda, dan patut diperkenalkan agar warga setempat bisa mengenalnya.

"Wayang golek merupakan salah satu budaya bangsa yang kita miliki. Budaya yang patut kita tahu dan paham," katanya.

Menurut dia, Jayapura merupakan kota yang penuh dengan berbagai macam suku bangsa yang datang dari sejumlah daerah di Indonesia, dan menerima siapa saja, suku apa saja serta menghargai budaya. "Seluruh suku apa saja, boleh tinggal di kota ini, tapi jangan lupa adat istiadatnya, jangan melupakan jati dirinya dengan memperkenalkannya, seperti pertunjukan wayang golek semalam suntuk itu," katanya.

Mengenai keberadaan paguyuban Sunda Ngumbara Papua, BTM yang juga ketua umum Persipura Jayapura itu memberikan apresiasi karena turut serta membangun daerah tersebut. "Orang Sunda ikut berikan kontribusi dalam pembangunan di kota ini, Kota Jayapura. Saya juga mengajak agar orang Sunda untuk mendukung program pemerintah daerah," kata BTM.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA