Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Kunjungan Paus Fransiskus ke RI Ulangi Paus Yohanes

Selasa 16 Feb 2016 20:25 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Achmad Syalaby

Paus Fransiskus dalam sebuah acara.

Paus Fransiskus dalam sebuah acara.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus bakal berada di ibu kota Jakarta, pada Juli 2017 mendatang.Sebetulnya, jika rencana kunjungan Pemimpin Tertinggi di Vatikan kali ini terjadi, bukan kali yang pertama.

Pada 1989 silam, Paus Yohanes Paulus I, menjadi Imam Tertinggi Katolik pertama yang bertandang ke Indonesia. Bahkan, dalam kunjungan ketika itu, Paus Yohanes menyambangi sejumlah provinsi di Indonesia untuk menemui masyarakat Indonesia.

Dalam sebuah ungkapan setelah kunjungan ketika itu, Paus Yohanes sempat memuji masyarakat Indonesia yang sejuk dan toleran. Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri perhelatan Asian Youth Day (AYD) 2017 di Indonesia. Agenda tersebut merupakan perhelatan ke-7 Pemuda Katolik Asia. 

Perjumpaan tiga tahunan itu, pertama kali digelar pada 1999 silam di Bangkok, Thailand. Terakhir, AYD 2014 mengambil tempat di Korea Selatan (Korsel).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi menyarankan, agar kepanitian AYD Indonesia tak sekadar mengggelar agenda kepemudaan. Melainkan, kata politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, agar AYD 2017 juga diisi dengan gelaran kompetisi keolahragaan.

Usulan Imam itu, karena AYD 2017 bertepatan dengan persiapan Indonesia untuk menjajal diri sebagai tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA