Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Lhokseumawe

Sabtu 27 Feb 2016 20:36 WIB

Red: Citra Listya Rini

Lumba-Lumba

Lumba-Lumba

Foto: MSN.CO.NZ

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE  -- Seekor ikan pesut atau lumba-lumba terdampar di pantai Lhokseumawe, Provinsi Aceh dan diselamatkan oleh warga setempat.

Jenis ikan mamalia tersebut ditemukan terdampar oleh warga Desa Jambo Masjid, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 16.45 WIB dan selanjutnya warga membawanya ke kolam pertambakan di desa setempat.

Menurut warga sekitar, M.Amin, bahwa pada sore hari tadi, warga disekitar pantai Jambo Masjid, melihat ikan tersebut terseret ke pinggir dibawa ombak. Kemudian warga membawanya ke pinggir dan memasukkannya kedalam kolam tambak yang berada di pinggiran pantai tersebut.

Sebut warga ini lagi, kondisi ikan lumba-lumba yang memiliki ukuran sekitar 1.20 Meter tersebut, kondisinya sangat lemah, bahkan, dimulutnya terdapat luka.

Mungkin karena ikan ini sakit atau apa, sehingga kondisinya menjadi lemah dan terseret ke pinggir pantai saat air laut surut. Bahkan dibagian mulutnya juga terdapat bekas luka, kata Amin.

Mengingat kondisi salah satu ikan yang dilindungi tersbeut begitu lemah, warga sangat mengkhawatirkan apabila tidak segera ditangulangi akan membahayakan keselamatannya. Direncanakan, pada malam nanti, apabila kondisi air sudah pasang akan dibawa kembali oleh warga menuju laut lepas.

"Malam nanti, rencananya ikan tersebut akan dibawa lagi ke laut saat air pasang, agar dapat kembali ke laut lepas," ujar warga.

Sebagaimana diketahui, tahun 2014 lalu juga, ada ikan pesut atau lumba-lumba yang terseret ke pinggiran pantai Lhokseumawe. Tahun lalu, juga ikan pesut terdampar dan masuk ke aliran Krueng Cunda. Namun setelah diobati dan dibersihkan parasit ditubuhnya, ikan tersebut dibawa kembali ke laut lepas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA