Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Mahasiswa Unissula Menatap Sejarah di Kontes Robot Internasional

Selasa 22 Mar 2016 13:23 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yudha Manggala P Putra

Robot industri

Robot industri

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Tiga orang mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang bakal ‘mencetak’ sejarah.
 
Mereka akan menjadi mahasiswa perguruan tinggi (PT) Islam pertama yang berpartisipasi pada kontes robot internasional, Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2016, di Trinity College, Hardford, Connecticut, Amerika Serikat (AS).
 
Ketiganya –Faizal Aminuddin Aziz, La Ode Muhamad Idris dan Ahmad Zuhri—juga menjadi wakil Indonesia bersama mahasiswa Universitas Sriwijaya, Palembang pada ajang kontes robot yang sama.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unissula, Sarjuni Sag MHum mengatakan, ketiga mahasiswa Unissula ini akan berkompetisi pada kategori Fire Fighting Home Robot Contest, atau robot cerdas pemadam api, yang akan dihelat mulai tanggal 1 hingga 3 April 2016 mendatang.
 
Ia berharap keikutsertaan perdana para mahasiswa Unissula Semarang di kontes robot ini  meraih kesuksesan, dengan menggondol prestasi yang dapat mengharumkan nama almamater serta bangsa Indonesia.
 
Pihaknya sangat berkepentingan terhadap prestasi mahasiswa FTI Unissula ini di level multi negara. Sebab salah satu nilai ekreditasi fakultas akan sangat ditentukan oleh prestasi akademik di kancah internasional.
 
“Tentunya jika mereka bisa berprestasi pada kontes robot Trinity College akan mampu memberikan poin tesendiri bagi akreditasi fakultas,” jelasnya di Semarang, Selasa (22/3).
 
Sementara itu, Faizal Aminuddin Aziz mengatakan, ia bersama dua rekannya telah mempersapkan diri sejak bulan Oktober 2015 lalu. Persiapan ini dilakukan untuk menyempurnakan berbagai kekurangan atas evaluasi sebelumnya.
 
Terutama dalam hal kecepatan tiga level kinerja robot yang bakal menjadi penilaian dalam kontes mendatang. Seperti level (pertama) memadamkan lilin, level ke-dua memadamkan lilin dengan rintangan serta level ke-tiga menyelamatkan bayi.
 
Sehingga empat unit robot yang dipersiapkan tim Unissula Semarang untuk kontes di Amerika Serikat nanti, benar- benar siap untuk dipertandingkan.
 
“Kami sadar, kontestan yang ikut dalam ajang internasional nanti merupakan yang terbaik dari negaranya. Makanya kami harus jauh- jauh hari mempersiapkan diri,” tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA