Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Bandung Perlu Terobosan Kelola Sampah

Sabtu 26 Mar 2016 17:58 WIB

Rep: c26/ Red: Esthi Maharani

Sampah

Sampah

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua DPRD Kota Bandung Isa Subagja menilai sampah di Kota Bandung harus segera dikelola dengan optimal. Isa meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjadikan pengelolaan sampah menjadi program prioritas pada tahun ini.

Isa menuturkan pengelolaan sampah di Kota Bandung saat ini masih menggunakan pola konvesional. Cara tersebut dinilainya sudah tidak efektif lagi untuk terus dilakukan.

Apalagi, ujar dia, produksi sampah di Kota Bandung tergolong cukup tinggi. Sehingga Pemkot Bandung perlu melakukan terobosan baru dalam pengelolaan sampah.

"Karena melihat di lapangan, tidak akan terkejar antara volume produksi (sampah) dengan cara penanganan yang dilakukan saat ini (konvensiona). Sehingga kita harus sudah beralih ke pengelolaan sampah dengan cara modern," kata Isa kepada wartawan di sela acara Rapat Konsolidasi Partai PDI Perjuangan  DPC Kota Bandung yang digelar di Hotel Horison, Jalan BKR, Sabtu (26/3).

Pengelolaan sampah secara modern disebutnya dengan memberikan sentuhan teknologi untuk mengoptimalisasi. Salah satunya dengan segera merealisasikan  pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) sebagai solusi jangka panjang pengelolaan sampah di Kota Bandung.

Menurutnya, dewan mendukung pengembangan PLTSa di Bandung. Dengan catatan, teknologi yang digunakan harus tetap mengedepankan konsep ramah lingkungan.

"Nah dengan teknologi artinya teknologi juga tidak asal asalan. Terkait bentuknya seperti apa tentunya teknologi yang ramah lingkungan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA