Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Marwan Jafar Sosialisasikan Nusantara Mengaji

Selasa 03 May 2016 20:10 WIB

Red: Taufik Rachman

Marwan Jafar

Marwan Jafar

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar  menyempatkan diri untuk mensosialisasikan kegiatan Nusantara Mengaji yang akan berlangsung 7-8 Mei 2016 mendatang.

Marwan Jafar mengingatkan pentingnya nusantara mengaji untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh problematika ini, Alquran bisa menjadi 'rajah' untuk menyelamatkan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Marwan saat mensosialisasikan kegiatan Nusantara Mengaji di Ponpes Dayah Insan Qurani, Aceh Besar, Selasa (3/5).

Marwan meminta kepada seluruh masyarakat Aceh Besar untuk bertasipasi aktif mensyiarkan kegiatn yang akan mengkhatamkan 300.000 kali Alquran dihari yang sama. "Masyarakat NAD, kami berharap pada hari ahad yang akan datang bisa mensyiarkan kegiatan yang akan dipusatkan di masjid Ulele," tandasnya.

Marwan menceritakan, khalifah Utsman bin Affan sebagai sahabat nabi dan pemimpin umat Islam, sepanjang hayatnya menghatamkan 300.000 Alquran. "Kalau sekarang khalifah Ustman ini seperti presiden. Jadi mencontoh pada apa yang dilakukan khalifah Ustman, kita khidmahkan acara ini untuk bangsa kita," imbuhnya.

Lebih jauh, Marwan menjelaskan, Nusantara Mengaji merupakan gerakan nasional untuk menggemakan dan mensyiarkan Alquran secara serentak dari bagian paling timur Indonesia sampai Indonesia bagian Barat.

"Gerakan ini akan menjadi sejarah bagaimana semua orang mengaji pada detik yang sama. Ini sungguh gerakan pertama yang terjadi di dunia," tandasnya.

Marwa pun berharap, Nusantara Mengaji dapat dicatat sebagai kegiatan yang dirahmati dan diridai Allah SWT. Pasalnya, melalui gerakan tersebut, pihaknya membantu mendekatkan Alquran kepada masyarakat dan mendekatkan masyarakat dengan Alquran yang merupakan pedoman, petunjuk, dan sekaligus obat bagi umat manusia.

"Banyak sekali keutamaan membaca Alquran yang nilai-nilai dan pahalanya sangat dibutuhkan demi terwujudnya bangsa yang selamat, sejahtera, dan penuh keberkahan. Karean itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk ikut serta mensukseskan gerakan Nusantara Mengaji ini," ajak Marwan.

Gerakan Nusantara Mengaji merupakan gerakan nasional yang dimotori oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan ini dimulai dengan penyelenggaraan 300.000 khataman Alquran serentak se-Indonesia.

Menurut rencana, gerakan tersebut akan dibuka pada 7 Mei di Alun-alun Jember, Jawa Timur, Masjid Teuku Umar Banda Aceh, Pondok Pesantren Al Falah Banjar Baru, Pondok Pesantren Salafiyah Luwung Ragi, Bula Kamba Brebes Jawa Tengah, dan Pondok Pesantren Tahfizh Yanbu’ul Qur’an Kudus.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA