Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

TPID Jogja Jual 297 Kilogram Daging Sapi Murah

Kamis 09 Jun 2016 11:40 WIB

Red: Hazliansyah

Daging Sapi

Daging Sapi

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menjual 297 kilogram daging sapi segar murah di Pasar Beringharjo dalam Operasi Pasar guna menekan harga.

"Konsumen bisa menikmati daging dengan harga Rp 95.000 per kilogram. Semuanya dalam bentuk daging, tidak ada jeroan," kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Yogyakarta Sugit Tedjo Mulyono di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, Operasi Pasar daging sapi tersebut merupakan bentuk konkret kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) guna menyikapi harga daging sapi yang cenderung naik. Di Pasar Beringharjo, daging sapi kualitas baik dijual dengan harga Rp 115.000 hingga Rp 120.000 per kilogram.

Berdasarkan pemantauan Bulog DIY, harga daging sapi di wilayah Yogyakarta dalam tiga tahun terakhir belum pernah berada di bawah Rp 100.000 per kilogram.

Guna menjalankan Operasi Pasar tersebut, Bulog DIY menyembelih satu ekor sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Yogyakarta.

"Tidak merugikan petani. Kami membeli sapi dengan harga yang wajar kemudian menyembelihnya di RPH dan langsung menjualnya ke pasar. Tidak ada pihak yang menjadi perantara sehingga harga jual daging tidak tinggi," katanya.

Daging yang dijual dalam Operasi Pasar adalah daging segar karena warga Yogyakarta lebih menyukai daging segar dibanding daging sapi beku.

"Pernah kami tawarkan untuk menjual daging sapi beku, tetapi tidak ada yang berminat. Jika yang dijual daging sapi beku, kami bisa menjualnya dengan kisaran harga Rp 80.000 per kilogram," katanya.

Saat ini, Bulog Divre Yogyakarta memiliki stok 15 ekor sapi yang siap disembelih untuk memenuhi kebutuhan Operasi Pasar dan kegiatan tersebut akan terus dilakukan selama Ramadhan.

"Selain di Beringharjo, kami akan melanjutkan kegiatan ini di Pasar Kranggan dan Demangan. Dimungkinkan juga dilakukan di pasar lain di DIY," katanya yang menyebut kebutuhan sapi untuk Operasi Pasar mencapai 60 ekor.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA