Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Basarnas Gunakan Drone Cari Pendaki Swiss di Semeru

Selasa 14 Jun 2016 14:48 WIB

Red: Esthi Maharani

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Foto: www.berkahlangkah.com

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Timur berencana menggunakan pesawat tanpa awak atau nirawak (drone) untuk mencari pendaki asal Swiss Lionel Du Creaux (26) yang dinyatakan hilang di Gunung Semeru.

Kepala Basarnas Jatim M Arifin mengatakan pesawat tanpa awak tersebut saat ini sedang dalam perjalanan dari pusat menuju ke Jawa Timur.

"Kalau kondisi cuaca bagus maka besok Rabu (15/6) pesawat tanpa awak tersebut sudah bisa diterbangkan untuk membantu pencarian pendaki yang hilang (survivor) tersebut," katanya, Selasa (14/6).

Ia mengemukakan, pesawat tanpa awak tersebut digunakan untuk proses pencarian dari udara guna membantu pencarian dari bawah yang dilakukan oleh Tim SAR.

"Saat ini merupakan hari ke tujuh pencarian survivor dan sesuai dengan standar operasi prosedur SAR merupakan batas pencarian," katanya.

Namun demikian, kata dia, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menambah waktu pencarian selama tiga hari kedepan jika memang diperlukan.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan tim yang ada di lapangan terkait dengan kondisi terkini dan juga akan melaporkan kepada pimpinan yang ada di pusat untuk memutuskan langkah lanjutan yang akan dilakukan," ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini terdapat sekitar 48 orang anggota Tim SAR gabungan yang ikut melakukan penyisiran di sejumlah titik yang dicurigai sebagai lokasi hilangnya pendaki tersebut.

Seorang pendaki asal Swiss bernama Lionel Du Creaux (26) dinyatakan hilang saat mendaki secara ilegal di jalur pendakian Gunung Semeru. Hilangnya pendaki tersebut baru dilaporkan rekannya Alice Guignard asal Prancis kepada petugas Resort di Pos Ranu Pani, Kecamatan Senduro pada 7 Juni 2016.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA